WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Pengepotan Yang Benar Pada Tanaman Anggrek


Anda dapat menaman Anggrek di berbagai media tanam yang telah tersedia di pasar, dan media tersebut haruslah memiliki aliran udara yang baik serta tidak menimbulkan endapan air pada media tersebut. Hal inilah yang menyebabkan pengepotan tanaman Anggrek sangatlah berbeda dengan tanaman lain. Saat ini banyak tersedia pot dengan berbagai jenis dan bentuk, salah satunya adalah pot yang terbuat dari tanah liat, ataupun plastik bening yang benar-benar cocok untuk anggrek.

Pengepotan pada dasarnya adalah memilih media tanam dan pot yang tepat untuk Anggrek anda. Apabila hal ini terpenuhi, maka pertumbuhan anggrek anda menjadi luar biasa.

Beberapa faktor perlu dipertimbangkan dalam pengepotan Anggrek. Apabila anda ingin menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat, buatlah lubang yang agak besar pada bagian bawah. Hal ini memungkinkan agar air yang terperangkap dalam media tanam lebih cepat kering. Pengeringan ini merupakan faktor utama, agar akar Anggrek tidak terkena air yang menggenang/ berlebihan. Pengepotan membutuhkan campuran antara beberapa media tanam sehingga dihasilkan campuran yang pas bagi Anggrek.

Tips Pengepotan Yang Benar Pada Tanaman Anggrek

Anda dapat memilih berbagai media tanam yang cocok, yaitu pencampuran antara beberapa media tanam. Campuran yang baik dapat membuat Anggrek tumbuh dengan subur.

Campuran tersebut antara lain : Cacahan pakis, moss/ lumut, kulit kayu/ sabut kelapa, dan arang

Beberapa media memiliki fungsi antara lain :

Pakis
Media ini sangat cocok dengan Anggrek, karena sesuai dengan habiat aslinya di alam liar yaitu tumbuh menempel pada kayu-kayu pohon. Tetapi, di pemukiman sangatlah jauh berbeda dengan hutan liar. Di hutan dengan menempel di pohon mereka mendapatkan makanan yang cukup (dari kotoran hewan, daun yang membusuk, dll), suhu yang lembab dan aliran udara yang sangat baik. Namun, di pemukiman penduduk kondisi tidak sebaik di hutan liar.
Kelemahan media ini adalah tidak mampu menyimpan cukup air dan mudah kering serta tidak memiliki gizi yang mencukupi. Jadi apabila menggunakannya pemilik harus agak rajin menyiram dan memupuknya paling tidak 2-3 kali dalam satu minggu tergantung temperatur, karena kandungan Nitrogen sangat sedikit.

Moss/ Lumut
Inilah media yang terbaik untuk menanam Anggrek di pemukiman, dengan kemudahannya menyimpan air dan bergizi tinggi. Moss/ lumut sangat baik untuk Anggrek muda ataupun Anggrek yang siap berbunga. Kita hanya cukup menyiram Anggrek satu kali seminggu dan memupuknya satu kali dalam satu minggu. Pupuk dan air akan diserap dengan baik apabila menggunakan media moss, tetapi ada satu hal yang perlu diketahui yakni, bila menggunakan moss tanaman tidak boleh  terlalu sering disiram, karena akar akan busuk dan daun kelebihan air. Dan ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula.

Sabut Kelapa dan Arang
Media ini tipikalnya hampir sama dengan pakis, yaitu mudah kering dan tidak mampu menyimpan air.

Lalu bagaimana pencampuran media tanam yang baik untuk pengepotan Anggrek?

Di daerah dengan suhu rendah, Anggrek tidak memerlukan banyak penyiraman. Anda dapat menggunakan media moss sebagai media utama dan menempatkan pakis/ arang hanya di bagian dasar pot/ pinggir pot saja untuk sirkulasi udara dan mencegah banyak air terperangkap dalam pot. Tentu hal ini sangatlah berbeda-beda untuk masing-masing daerah. Cobalah sendiri mencampur media tersebut, amati dalam jangka waktu 2 minggu pertama, manakah campuran yang paling cocok digunakan. Dan ingat, Anggrek tidaklah membutuhkan air dan pupuk  dalam jumlah banyak. Yang dibutuhkan hanya perawatan yang teratur yang akan membuatnya gampang berbunga.

Pemilihan pot anggrek
Beberapa jenis pot yang biasa digunakan untuk tanaman Anggrek antara lain:

Pot dari tanah liat
Dengan memberikan banyak lubang pada Anggrek, pot ini menjadi pilihan yang bagus karena Anggrek bisa mendapat aliran udara serta kelembaban yang baik, dan akar-akar anggrek juga dapat menempel pada media ini.

Pot dari plastik transparan
Pot ini juga bagus, karena cahaya matahari bisa masuk ke akar dan media tanam. Kita hanya perlu menyediakan lubang yang cuckup untuk akar bernafas. Tetapi akar tidak dapat menempel pada media ini.

Langkah pengepotan anggrek

  • Isi 2/3 pot dengan moss/lumut, posisi akan biarkan menyebar ke segala arah, dan tempatkan Anggrek tepat di tengah-tengah.
  • Media moss dapat didasari dengan pakis/ arang dan pecahan tanah liat.
  • Pastikan media tanam rapat dan padat. Anda dapat mengujinya dengan cara membaliknya, apabila media dan Anggrek tersebut jatuh maka kita perlu memperbaikinya. Media tanam yang rapat dan kurang padat menjadikan pertumbuhannya Anggrek jauh lebih sehat dan jauh lebih cepat berbunga daripada anggrek dengan media yang renggang dan kurang rapat.

Demikianlah Tips Pengepotan Yang Benar Pada Tanaman Anggrek agar didapat hasil tanaman yang sehat, subur dan elok untuk dipandang.


Artikel Terkait:

Komentar Anda :

 
Back To Top