WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Mencegah Stress Pada Anggrek Yang Baru Anda Beli


Alasan orang membeli tanaman Anggrek adalah karena keindahannya. Bunga ini memang luar biasa anggun, dah sangat indah untuk dilihat. Namun bunga ini bukanlah bunga yang gampang untuk dirawat dan dibungakan, karena diperlukan keahlian spesifik.

Salah satu masalah yang lazim dialami oleh peng-hobi Anggrek adalah tanaman Anggrek menjadi stress ketika dipindahkan dari toko ke rumah kita. Hal ini sangat umum, karena di toko/ nursery/ green house Anggrek telah terbiasa dengan perlakuan penjual, yang telah mahir dalam merawat anggrek, serta lingkungan yang telah disesuaikan untuk tumbuh kembang Anggrek. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kondisi yang ada di rumah kita, yang mungkin hanya menyiapkan tempat 'seadanya' untuk tanaman cantik ini.

Lalu bagaimana cara mencegah tanaman Anggrek supaya tidak stress ketika memindahkannya ke rumah?

Tips Mencegah Stress Pada Anggrek Yang Baru Anda Beli

Belilah Anggrek yang baru mekar bunganya, dan jangan membeli Anggrek yang telah mekar sempurna. Alasannya, bunga Anggrek yang telah sempurna sangat tidak suka bila dipindahkan ke tempat baru yang mengakibatkan Anggrek mengalami stress/ kaget dengan kondisi baru dan juga akan mengakibatkan bunganya tidak akan bertahan lama

Sehabis membeli tanaman Anggrek,  Hal yang harus dilakukan ketika sampai di rumah adalah :
  • Jangan mengganti pot/ media tanam secara langsung, tunggulah paling tidak satu minggu, baru anda boleh menggantinya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca : Tips Pengepotan Yang Benar Pada Tanaman Anggrek.
  • Apabila anda mendapati kondisi media tanam anggrek basah, hal ini tentu wajar karena penjual ingin memberikan cukup air selama transportasi yang mungkin menempuh jarak cukup jauh, oleh karenanya biarkan kering selama beberapa hari, baru anda boleh menyiramnya.
  • Apabila ingin mengganti media tanam sesuaikan dengan iklim di tempat anda berada, semakin panas maka lebih baik memilih media yang mampu menyimpan air, tetapi anda harus hati-hati karena media ini juga mudah terserang penyakit kalau tidak diberi fungisida.
  • Tempatkan di daerah yang terkena cukup cahaya (cahaya tersaring/ matahari pagi) jangan menempatkan Anggrek di tempat yang terlalu teduh, karena akan membuat daya tahan Anggrek menurun.
  • Apabila anda mendapati kuncup bunga tidak jadi mekar atau malah berjatuhan, hal ini memang wajar karena Anggrek mengalami stress selama perjalanan ke rumah anda.
Demikian tips singkat mencegah tanaman Anggrek menjadi stress yang baru dibeli.
Semoga bisa membantu.

loading...

Komentar Anda :

 
Back To Top