WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Lakukan Ini Jika Telinga Kemasukan Semut atau Serangga


Apa yang harus kita lakukan ketika telinga kemasukan serangga? Pastinya kita akan bingung dan tidak nyaman ketika semut atau serangga lainnya masuk ke dalam telinga kita. Kita harus hati-hati sebab semut atau serangga ini bisa mengakibatkan infeksi dan sakit jika masuk ke dalam telinga. Telinga memiliki lubang yang bisa membuat semut atau serangga kecil masuk ke dalamnya.

Tentunya semut yang sudah masuk ke telinga kita ini membuat kita merasa tidak nyaman.
Ada sebagaian yang bingung ataupun panik bagaimana cara mengeluarkan serangga atau semut ini dari dalam telinga. Biasanya telinga akan terdengar derak-derik hewan di dalamnya atau berdengung yang disertai rasa geli. Nah, yang paling penting cobalah sebisa mungkin agar berusaha tetap tenang dan jangan panik dalam mengatasinya.

Memang dalam mengeluarkan semut atau serangga yang masuk ke dalam telinga ini tidak mudah sebab telinga merupakan organ tubuh yang vital. Jika salah menanganinya bisa jadi akan merusak fungsi indera pendengaran pada telinga anda.

Ingat, jangan memasukkan jari anda ke dalam telinga untuk mengeluarkan semut atau serangga di dalam telinga. Sebab bisa saja mengakibatkan serangga di dalam lubang telinga terdorong masuk semakin dalam dan membuat serangga atau semut tadi menyengat yang menimbulkan rasa sakit serta dapat menciderai bagian dalam atau gendang telinga kita. Kerena itu kita harus berhati-hati untuk mengeluarkan semut atau serangga tersebut.

Cara Mengeluarkan Semut atau Serangga dari Dalam Telinga


Lakukan Ini Jika Telinga Kemasukan Semut atau Serangga

Lalu bagaimana cara mengeluarkan semut dari lubang telinga? Berikut adalah beberapa caranya.

1. Silahkan ambil kapas dan basahi dengan air, lalu teteskanlah tetesan air yang keluar dari kapas ke dalam telinga. Kemudian arahkan telinga yang kita tetesi dengan air ke bawah, agar air bisa keluar. Dengan menetesi telinga dengan air, maka objek asing yang masuk ke dalam telinga akan keluar bersama dengan keluarnya air.

2. Jika kita masih bisa melihat semut atau serangga yang masuk, maka gunakan cotton bud untuk menariknya keluar. Namun ini sangat di perlukan kehati-hatian, sebab jika tidak, kita malah akan mendorong masuk objek lebih dalam ke dalam telinga.

3. Jika objek yang masuk itu serangga, silahkan olesi cotton bud dengan minyak telon atau minyak kayu putih, dan cobalah untuk mencungkilnya keluar dari telinga anda.

4. Jika semua cara telah anda lakukan dan tidak ada yang berhasil, maka segera hubungi dokter. Mungkin objek yang ada di dalam telinga sudah masuk terlalu dalam, sehingga sulit sekali untuk dikeluarkan. Mungkin akan ada penanganan lebih lanjut.

Menggunakan senter


Kita bisa melakukan cara ini jika serangga atau semut yang masuk masih hidup. Gunakan senter dan arahkan ke dalam liang telinga yang kemasukan semut. Semut yang tersesat pada bagian dalam telinga akan berusaha mengikuti cahaya untuk menemukan jalan keluar. Inilah gunanya kita mengarahkan senter. Selain menggunakan senter, anda juga bisa menggunakan sumber cahaya yang lain.

Cara terakhir merupakan Cara yang umum dilakukan orang-orang tua kita dari dahulu. Tidak ada salahnya kita coba. Caranya yaitu  dengan menutup rapat-rapat lubang telinga kita yang satunya (yang tidak dimasuki semut) menggunakan jari tangan anda. Misalnya yang dimasuki semut adalah telinga kanan, berarti yang ditutup adalah telinga kiri. Kemudian biarkan beberapa detik atau beberapa menit.

Nah kita sudah melihat beberapa cara yang dilakukan untuk mengeluarkan semut atau serannga dari telinga. Silahkan anda lakukan dengan penuh kehati-hatian dan jikaanda tidak yakin, saran saya sebaiknya segera menemui dokter saja.

loading...

Komentar Anda :

 
Back To Top