WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Yang Tepat Memberi Pupuk Untuk Tanaman Anggrek Anda


Memupuk Anggrek pada dasarnya tidaklah terlalu sulit, hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dan konsistensi. Di habitat aslinya Anggrek mendapatkan makanan dari lokasi terdekat tempat dia tumbuh. Misalnya daun yang membusuk, kotoran hewan, atau mineral dari air hujan. Anda dapat dengan cepat membungakan Anggrek dengan memberikan makanan yang tepat/ pupuk yang tepat.

Cara Yang Tepat Memberi Pupuk Untuk Tanaman Anggrek Anda

Berikut adalah penjelasan kandungan pupuk yang beredar di pasar:

Nitrogen (N) : Pertumbuhan vegetatif/ untuk Anggrek muda, kandungan ini bertanggung jawab atas kesehatan daun Anggrek.
Phospo (P) : Memproduksi/ merangsang tumbuhnya bakal bunga.
Potassium (K) : Berguna untuk mengontrol bunga agar bunga tidak mudah jatuh dan layu, serta perkembangan akar yang baik dan sehat.
Zat besi dan kandungan lain.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memupuk Anggrek:

Untuk Anggrek yang menggunakan media kulit kayu membutuhkan suplai pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi (30-10-10) daripada kandungan P atau K nya. Hal ini dikarenakan kulit kayu akan mengalami pembusukan oleh bakteri, dan bakteri tersebut memakan banyak kandungan N dan menyisakan sedikit untuk tanaman. Nah untuk pemupukan, sesuaikan dengan kandungan nutrisi yang diatas sesuai dengan kebutuhan, apakah ingin berbunga, atau memperbaiki akar, ataukah memperindah daun. Dan selalu baca petunjuk penggunaan pupuk dengan teliti. Apabila perlu carilah buku-buku tentang budidaya Anggrek sebagai referensi.

Berikut ini langkah-langkah memupuk tanaman Anggrek.
  • Bacalah instruksi yang tertera pada label, dan pastikan anda menggunakan nutrisi yang benar
  • Siramlah Anggrek (Daun + Media Tanam) dengan air (sesuai gambar ke 2) sebelum melakukan pemupukan
  • Pupuk yang berbentuk butiran terlebih dahulu harus dilarutkan dengan air, jangan menggunakannya langsung terhadap tanaman, karena pupuk tersebut mengandung konsentrasi makanan yang sangat tinggi, dan malah berbahaya apabila tidak digunakan sesuai dengan petunjuk
  • Tuangkan pupuk yang telah dilarutkan dengan air langsung ke media tanam, dan pastikan air mengalir melalui bagian bawah pot ( jangan sampai tergenang )
  • Selain menyiramkannya, ada cara lain yaitu merendam pot anggrek di larutan pupuk, kemudian angkat.
Lakukan pemupukan ini seminggu sekali.

loading...

Komentar Anda :

 
Back To Top