WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Merawat Anggrek di Dalam Ruangan


Merawat Anggrek di dalam ruangan adalah tantangan yang memerlukan waktu dan kesabaran. Namun, keindahan bunga eksotis ini pasti dapat kita nikmati keindahannya di dalam ruangan. Selain itu, untuk merawat Anggrek indoor sekarang tidaklah sulit hal ini karena berbagai macam pupuk, media tanam, dan peralatan yang telah tersedia di pasaran. Berikut adalah strategi sederhana merawat Anggrek di dalam ruangan.

Cara Merawat Anggrek di Dalam Ruangan

Petunjuk

Memilih anggrek adalah langkah pertama
Pilihlah tanaman dengan akar, daun dan bunga yang sehat. Hal ini sangatlah penting karena apabila terdapat penyakit dalam tanaman kita akan membutuhkan waktu untuk menyembuhkannya, apalagi untuk pemula, bisa-bisa kita malah putus asa. Hindari memilih Anggrek dengan daun yang layu/ kering dan terdapat bercak-bercak pada bagian bawah atau atas daun. Lihatlah bahwa akarnya juga sehat, dan tidak terdapat jamur atau hewan yang dapat menyebabkan penyakit.

Menyediakan lingkungan pertumbuhan yang baik
Hal yang  terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan meniru habitat alami dari tanaman Anggrek. Kebanyakan Anggrek yang tumbuh di dalam ruangan adalah epiphytes, biasa disebut tanaman air. Anggrek jenis ini sering ditemukan di iklim tropis, tumbuh tinggi di celah pohon, puing-puing dan jamur dapat ditempatkan di dalam ruangang dengan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk berkembang. Anggrek biasanya dinaungi oleh pohon dan terlindung dari sengatan sinar matahari.

Gunakan pencahayaan yang baik
Hal ini sangat berpengaruh dalam merawat Anggrek di dalam ruangan, penempatan Anggrek yang baik adalah pada jendela bagian timur rumah. Jika jendela dengan sinar matahari mengarah langsung ke tanaman, tirai tipis dapat memberikan perlindungan untuk kebutuhan Anggrek terhadap intensitas matahari.

Memberikan kelembaban untuk Anggrek
Hal ini akan membantu untuk membuat Anggrek merasa seperti di habitat aslinya. Yang dapat anda lakukan untuk merawat Anggrek di dalam ruangan adalah menggunakan alat pelembab atau lazim disebut humidifier atau dengan menempatkan sebuah piring lembab berkerikil di bawah pot. Hanya pastikan bahwa tanaman ini tidak tergenangi oleh di air, karena kondisi basah dapat menimbulkan jamur, penyakit, atau akar membusuk.

Media tanam harus dalam kondisi kelembaban yang cukup
Anggrek biasanya tumbuh paling baik ketika akar dalam cukup kering (agak lembab), sehingga media yang cocok adalah media yang berpori, seperti campuran yang mengandung pakis dan moss. Pot yang digunakan adalah tanah liat dengan lubang yang disesuaikan, dapat membantu untuk memberikan kondisi optimal drainase untuk merawat Anggrek di dalam ruangan.

Penyiraman harus dilakukan hanya ketika media di pot kering
Di antara kesalahan yang paling umum yang dibuat oleh pemula Anggrek adalah memberikan terlalu banyak air. Menguji tingkat kelembaban dalam pot dapat dilakukan dengan menusukkan pensil ke dalam media di bagian tengah. Jika kayu lembab ketika dikeluarkan dari media, penyiraman harus ditunda satu atau dua hari.

Merawat Anggrek di dalam ruangan dengan cara memberikan nutrisi secara teratur
Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa tanaman Anda telah mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dan berbunga dalam kondisi terbaiknya. Pupuk dapat diberikan sesuai dengan kondisi tanaman, bisa 2 atau 3 hari sekali.

Belajar bagaimana untuk menyediakan lingkungan ideal untuk tanaman
Adalah kunci untuk merawat Anggrek di dalam ruangan. Sementara Anggrek mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan perhatian daripada tanaman rata-rata, dan kepuasan akan kita dapatkan ketika tanaman ini berbunga, keindahan bunga yang halus dan eksotis adalah hadiah dan suatu kebahagiaan tersendiri.

loading...

Komentar Anda :

 
Back To Top