WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Daun Anggrek Menguning


Daun Anggrek yang menguning memang disebabkan oleh beberapa faktor, ada yang alami dan karena penyakit tertentu. Daun yang menguning bisa karena faktor penuaan. Daun Anggrek yang menua akan menguning kemudian jatuh. Hal ini tentu sangat biasa.

Beberapa penyebab lain daun Anggrek berwarna kuning adalah :
  • Serangan bakteri/jamur
  • Terlalu banyak Cahaya
  • Terlalu banyak air
  • Pengaruh lingkungan

Mari kita bahas satu persatu.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Daun Anggrek Menguning

Daun Anggrek yang menguning karena jamur biasanya terdapat bercak-bercak kuning dan sebagian terdapat bintik bintik. Hal ini tidak terjadi pada seluruh bagian tubuh Anggrek, melainkan hanya daunnya saja. Serangan jamur ini biasanya menyebabkan bagian pinggir & ujung daun berwarna kehitam-hitaman. Pengobatan untuk kasus ini adalah pemberian fungisida. Untuk penyembuhan larutkan cairan fungisida yang dapat dibeli di toko bunga dengan air sesuai dengan petunjuk, kemudian semprotkan ke daun yang terinfeksi. Apabila terdapat noda yang sulit hilang anda bisa menggosoknya menggunakan tangan sambil memyemprotkan cairan tersebut. Baiknya Anggrek dengan media tanam yang dapat menyerap cukup air, secara rutin 2 minggu sekali media tanam tersebut kita rendam ke cairan fungisida untuk pencegahan infeksi jamur. Media tersebut adalah Moss/ lumut, yang memang rentan terkena jamur/ bakteri.

Penyebab daun Anggrek berwarna kuning lainnya adalah karena terkena cahaya berlebih. Ciri-ciri daunnya hanya sebagian yang berwarna kuning. Biasanya kita tidak menyadari adanya pergantian musim dari hujan ke panas, dan tidak memindahkan tempat Anggrek, penyembuhannya cukup sederhana, hanya pindahkan tempat Anggrek tersebut ke tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung, dan daun Anggrek akan segara berangsur berwarna hijau.

Untuk warna kuning yang disebabkan oleh kelebihan air, biasanya juga terdapat bercak-bercak hitam di beberapa tempat permukaan daun. Apabila daunnya kelebihan air, sudah bisa dipastikan bahwa akarnya juga kelebihan air. Oleh karena itu akar biasanya telah membusuk. Perawatan untuk Anggrek dengan tipe seperti ini sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelitian, karena Anggrek memang bukanlah tanaman yang menyulai air. Untuk langkah pertama, biarkan media tanam mengering biarkan beberapa hari/ kurang lebih 1-2 minggu. Anda dapat mengetesnya dengan memasukkan jari ke media tanam, apabila masih lembab tunggu beberapa hari hingga kering. kemudian siram dan gunakan fungisida dan juga vitamin B (untuk recovery akar), dan apabila beberapa hari kemudian kondisinya membaik, anda dapat menggunakan pupuk dengan kadar N dan K yang tinggi. Kadar N untuk pertumbuhan daun dan K untuk akar. Hal yang perlu diingat adalah penyiraman hanya cukup 1 minggu 1 kali untuk media tanam lumut/ moss. Apabila pakis boleh 3 hari 1 kali karena medianya cepat kering.

Penyebab yang terakhir adalah lingkungan yang berhawa dingin. Anggrek memang tidak kuat hidup di iklim dingin. Dia membutuhkan suhu 15 derajat celcius keatas untuk tumbuh baik. Asap/ bau-bau yang tidak sedap juga bisa mengakibatkan daun berwarna kuning, karena memang akar Anggrek bernafas melalui aliran udara.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan daun Anggrek menguning, dan juga cara penangannya. Semoga bermanfaat.

loading...

Komentar Anda :

 
Back To Top