WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Anggrek Vanda : Habitat, Tipe dan Perawatannya


Anggrek Vanda adalah spesies Anggrek yang menghasilkan bunga berwarna warni, indah dan mekar dalam waktu yang cukup lama. Di alam ini terdapat 25 spesies liar dari family Anggrek Vanda yang banyak ditemukan di negara Asia seperti India, Vietnam, Indonesia, Filiphina, dan Malaysia.

Hasil persilangan Anggrek Vanda dengan beberapa Anggrek sejenis (Ascocnetum), telah menghasilkan Anggrek dengan berbagai kelebihan disetiap bagian dan berbagai macam bunga yang berwarna-warni bahkan terdapat warna yang jarang ditemui pada Anggrek yaitu Lavender-biru. Karena Anggrek memproduksi bunga yang sangat indah, mereka banyak digunakan sebagai karangan bunga baik untuk pernikahan atau acara-acara khusus. Baca : Vanda Dalam Pesta.

Anggrek Vanda : Habitat, Tipe dan Perawatannya

Anggrek Vanda sudah mulai dipelihara sekitar tahun 180-an, dan nama Vanda sendiri bukan berasal dari bahasa Latin atau Yunani, melainkan berasal dari bahasa Sansekerta yang digunakan untuk menjelaskan kebiaan tumbuh dari tanaman ini.

Anggrek termasuk tanaman “Monopodial” dengan dua type daun yang berbeda. Kelompok yang pertama yaitu Anggrek Vanda dengan daun berbentuk tali (Strap-Shaped) dengan ukuran panjang daun 5-30 cm. Daun muncul dari batang utama dan bunga muncul dari Axils. Kelompok kedua adalah Anggrek Vanda dengan daun silinder, dengan panjang kurang dari 15 cm.

Bunga-bunga dari Anggrek Vanda memiliki ciri yang membuat mereka mudah dikenali. Bunganya biasanya berukuran antara satu sampai empat inci (2 sampai 10 cm.), tapi untuk Anggrek hibrida bisa berukuran lebih besar, yakni lima inci (15 cm). Kelopak lateral dan petal memiliki bentuk dan warna yang sama, meskipun kelopak mungkin sedikit lebih kecil dan sepal berukuran labih besar.

Informasi budidaya.

Anggrek tumbuh secara alami di iklim tropis, Anggrek lebih suka tumbuh lingkungan yang memberikan cahaya terang, suhu hangat, banyak air dan tinggi kelembaban.

Anggrek Vanda menyukai cahaya terang sepanjang tahun, tetapi bukan cahaya langsung. Anggrek Vanda menyukai cahaya sedang dan ditanam di luar ruangan di iklim tropis di bawah sinar matahari. Dalam rumah kaca, mereka akan membutuhkan sekitar 25% sampai 35% naungan. Rhynchostylis dan Ascocendas adalah kerabat Anggrek Vanda, dan membutuhkan lebih sedikit cahaya.

Untuk berkebun di daerah dengan siang hari yang pendek dan cahaya rendah selama musim dingin, pertumbuhan Anggrek Vanda mungkin lebih sulit, apalagi untuk berbunga.untuk menyiasati hal tersebut anda dapat menaruh Anggrek diluar ruangan dan didekat jendela atau rumah kaca, sehingga terpapar sinar matahari. Anggrek Vanda membutuhkan setidaknya enam jam terpapar oleh sinar matahari atau bisa diganti dengan lampu neon. Dan Anggrek Vanda akan sangat cocok dibudidaya dalam iklim hangat seperti di Negara kita, Indonesia.

Jika Anggrek Vanda Anda mendapatkan cahaya yang cukup, daun akan berwarna hijau menengah (bukan hijau kekuningan/ hijau gelap : Baca : Beberapa Hal Yang Menyebabkan Daun Anggrek Menguning ). dan daun yang agak kaku. Apabila pertumbuhan daun Vanda memanjang, hal ini merupakan salah satu tanda bahwa Vanda membutuhkan lebih banyak cahaya. Amati Anggrek anda, apabila warnanya semburat kemerahan, berarti Anggrek anda terpapar terlalu banyak cahaya.

Lingkungan yang ideal untuk Anggrek adalah suhu yang hangat, temperatur favoritnya adalah 16 – 21 derajat celcius pada malam hari dan maksimum 35 derajat celcius untuk siang hari. Dengan perpaduan kelembaban yang baik, aliran udara dan pemupukan serta pengairan yang baik maka Anggrek Vanda akan tumbuh baik dan tentunya akan lebih mudah berbunga.

Untuk pengairan/ penyiraman Vanda kita harus pandai-pandai melihat media tanamnya, apabila media bisa menyerap air dalam jumlah banyak, maka cukup 1 minggu sekali, dan apabila media terbuat dari bahan yang tidak mudah menyerap air, penyiraman dapat dilakukan 3 hari sekali.

loading...

Komentar Anda :

 
Back To Top