WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Pakan Alternatif Lele dan Cara Mengolahnya


Agar lele cepat tumbuh besar hingga mencapai bobot yang diinginkan dan cepat panen, pemberian pakan secara teratur sangatlah dianjurkan. Sayangnya, pakan buatan pabrik berupa pelet harganya semakin mahal. Sedangkan harga jual lele naik turun tidak menentu tergantung ketersediaan pasar. Hal tersebut memaksa peternak lele harus memutar otak mencari pakan alternatif agar bisa menekan pengeluaran untuk pembelian pakan.

Akan tetapi, pemberian pakan yang asal-asalan bisa jadi tidak mengatasi masalah, malahan justru menyebabkan kegagalan dalam budidaya lele.  Untuk itu, anda harus berhati-hati dalam menentukan pakan alternatif apa yang akan anda pilih.

Berikut ini beberapa contoh pakan alternatif, sebagai pakan pendamping yang baik untuk lele beserta cara mengolah dan pembuatannya.

Maggot
Pakan Alternatif Lele dan Cara Membuatnya

Maggot atau belatung merupakan pakan alternatif yang merupakan sumber protein yang baik untuk lele. Belatung merupakan larva dari lalat. Namun, belatung yang paling bagus untuk pertumbuhan lele adalah belatung yang berasal dari lalat Black Soldier Fly. Belatung jenis ini mempunyai kandungan protein lebih tinggi dibanding dengan larva lalat jenis lain.

Untuk bisa memproduksi Maggot, caranya cukup mudah. Sediakan media tempat mereka berkembang biak. Media bisa dibuat dari ampas tahu yang sudah diperas, kemudian dicampur dengan jeroan ikan basah. Masukan campuran tadi pada kotak kayu atau nampah dengan ketebalan kurang lebih 10 cm. Letakkan wadah di tempat terbuka yang tidak terkena sinar matahari secara langsung selama 3 hari atau lebih. Setelah 3 hari media sudah mulai dipenuhi oleh maggot, dan maggot-maggot tersebut siap untuk diberikan sebagai pakan alternatif atau pakan tambahan untuk lele.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Keong mas


Pakan Alternatif Lele dan Cara Membuatnya

Keong mas adalah hama bagi petani padi. Mereka suka memakan daun padi muda yang mengakibatkan tanaman padi menjadi rusak. Karena itu keong mas dapat ditemukan dengan mudah di wilayah pesawahan. Keong mas sering dikumpulkan di tengah jalan begitu saja oleh para petani, dan dibiarkan terlindas kendaraan yang lewat. Beberapa masyarakat memanfaatkannya sebagai pakan bebek. Karena kandungan proteinnya cukup tinggi, keong mas juga dapat diberikan kepada lele sebagai pakan tambahan. Kalau pun harus beli, harga keong mas tergolong murah. Yang tentu saja dapat menghemat pengeluaran terhadap pakan, namun kebutuhan gizi lele terpenuhi.

Sebelum diberikan kepada lele, sebaiknya keong mas direbus terlebih dahulu. Dengan tujuan agar daging keong menjadi empuk sehingga mudah dicerna oleh lele. Lepaskan cangkang keong, kemudian daging keong dicacah agar ukurannya menjadi lebih kecil. Setelah dingin, baru berikan pada lele anda.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bangkai unggas

Pakan Alternatif Lele dan Cara Mengolahnya

Apabila tempat anda dekat dengan peternakan ayam atau burung puyuh, maka itu merupakan suatu keuntungan tersendiri buat budidaya lele anda. Peternakan unggas terutama ayam pedaging biasanya setiap hari selalu saja ada ayam yang mati. Dari bangkai ayam tersebut, bisa anda gunakan untuk pakan alternatif lele. Sedangkan dari peternak burung puyuh, anda bisa mendapatkan pakan alternatif berupa sisa telur puyuh yang tidak menetas. Jika peternak burung puyuh tersebut juga menetaskan telur burung puyuh. Dari pada dibuang, lebih baik diberikan kepada lele.

Seperti halnya keong mas, bangkai ayam atau puyuh juga harus direbus terlebih dahulu, untuk menghindarkan lele dari penyakit. Selain membuat daging ayam menjadi lunak, perebusan juga dapat mematikan bibit penyakit yang bisa saja terdapat di dalam bangkai.

Pemberian makan dengan bangkai ayam pasti meninggalkan sisa berupa tulang belulang yang cukup banyak. Untuk itu diperlukan wadah khusus agar setelah daging bangkai ayam habis, tulang belulang ayam bisa langsung diangkat, agar tidak menjadi sampah didasar kolam.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Limbah ikan fillet

Pakan Alternatif Lele dan Cara Mengolahnya

Ikan fillet adalah ikan yang diambil dagingnya saja, dan bagian tubuh ikan yang lain seperti kepala dan lainnya tidak digunakan hanya menumpuk sebagai limbah. DI daerah yang dekat dengan Tempat Pelelangan Ikan bisa dengan mudah menemukan pabrik-pabrik ikan fillet baik itu skala besar atau skala kecil.

Limbah yang dihasilkan dari proses pemisahan daging ikan ini tidak dibuang begitu saja, tapi dijual dengan harga murah meriah. Bukan untuk dikonsumsi manusia, tapi biasanya dimanfaatkan untuk pakan bebek.

Limbah ikan fillet juga dapat diberikan untuk lele. Bisa dijadikan sebagai media untuk maggot berkembang. Caranya dengan ditaruh di atas kolam lele, sehingga bila maggot berlompatan akan jatuh ke air dan menjadi santapan lele. Akan tetapi cara ini tidak baik jika kolam lele anda berada di pemukiman padat penduduk, karena para tetangga nanti kebagian aroma yang tidak sedap.

Cara lain, limbah ikan fillet dilumat dengan mesin giling menjadi tepung, setelah itu direbus dan setelah dingin bisa diberikan pada lele. Jika tepung dari limbah ikan fillet cukup banyak, bisa dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, demikianlah beberapa contoh pakan alternatif untuk lele yang dapat kami sampaikan. Masih banyak pakan alternatif lain yang bisa digali lagi, dengan memperhatikan lingkungan sekitar anda. Misal di wilayah anda tinggal yang ada hanya perusahaan pembuat roti, anda bisa memanfaatkan sisa-sisa roti atau roti yang mendekati expired.


4 komentar

kalau dulu masih ada kakek saya selalu memberi pakan lele dengan keong mas sama bangkau unggas yang sudah di bakar, hingga lele nya tuh pada besar dan berat :)

Bang, adekku ternak lele, bener emang harga pakan lele melejit, kalau adekku mensiasati dengan cari limbah kripik usus bang, lumayan tuh daripada lumanyun, trus dikasih yaku*t sama tomat biar sehat katanya, pakan2 di atas kayaknya susah ngedapetinnya..

dari keempat contoh di atas, hanya maggot yang belum pernah saya coba. kenapa? terus terang saya jijik sendiri :D
teria kasih mbak, sudah menambahkan pengalamannya...

betul mas, dulu lele saya umur 2 bulan sudah gede banget, cuma suka makan temannya

Komentar Anda :

 
Back To Top