WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember


Cara membuat perangkap tikus menggunakan ember bekas cat dapat anda jadikan sebagai pilihan dari berbagai pilihan mengenai perangkap tikus. Keunggulan menggunakan perangkap jenis ini adalah dapat menampung tikus dalam jumlah banyak sekaligus, dengan hanya sekali memasang umpan.

Kehadiran hewan tikus di rumah dan tinggal bersama dengan keluarga tercinta sungguh tidak pernah seorangpun yang menginginkannya. Karena dengan hadirnya tikus tidak membuat kita senang, malah justru dapat memancing emosi kita. Tikus suka merusak benda-benda yang ada di rumah seperti daun pintu almari, dinding almari pakaian, atau benda apa saja terutama yang terbuat dari kayu untuk mereka jadikan sebagai sarang untuk berkembang biak. Masa reproduksi tikus yang cepat membuat mereka cepat menjadi banyak, dan tentu saja sangat mengganggu. Karena itu, tikus wajib untuk diberantas!
Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember
Pada kenyataannya sangat sulit menangani hama bernama tikus ini karena mereka sangat lincah dalam bergerak. Disamping itu, tikus juga terkenal sebagai binatang yang cerdas sehingga susah untuk ditangkap. 

Namun ada banyak cara untuk mengusir tikus yang sudah dipaparkan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman, dari cara kuno menggunakan bahan alami sampai cara yang dianggap paling modern.
-----------------------------------------------------------------------------------
Baca juga : Cara mengusir tikus menggunakan buah bintaro
-----------------------------------------------------------------------------------

Pernah saya mencoba membuat perangkap tikus menggunakan botol bekas air mineral. Perangkap tersebut berfungsi, tapi satu buah perangkap hanya mampu menangkap satu ekor tikus saja. Itu karena begitu tikus masuk untuk mengambil umpan, pintu perangkap akan tertutup, sehingga tikus yang lain tidak bisa masuk. Karena itu, bagi anda yang mengalami permasalahan dengan tikus, dan ingin menangkap mereka secara masal, maka cara berikut ini bisa anda semua praktekkan. Yaitu dengan membuat perangkap tikus menggunakan ember bekas cat 25 Kg.

Bahan dan Alat :
1 buah Ember cat isi 20 Kg.
1 buah kaleng kecil (bisa menggunakan kaleng bekas susu kental manis)
Tawat jemuran
Tang
Selai makanan

Cara membuat :
1. Ambil ember besar bekas cat tembok (bisa yang terbuat dari plastik atau ember yang berbahan seng). Kemudian lubangi bagian kanan dan kiri ember tepat di atas pegangan yang terdapat pada ember.

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember

2. Beri juga lubang pada kaleng bekas tepat di bagian tengah kaleng. Lubang ini berfungsi untuk tempat masuknya kawat.

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember

3. Potong kawat dengan panjang kawat melebihi diameter mulut ember.

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember

4. Masukkan kawat pada lubang yang berada di tengah kaleng, kemudian pasangkan rangkaian kawat dan kaleng pada mulut ember, pada lubang yang telah dibuat tadi. Lalu, kelebihan kawat yang keluar dari lubang (di sisi kanan dan kiri) dibengkokkan dengan bantuan tang untuk mengunci kaleng agar tidak terlepas. Dan sampai di sini perangkap tikus sederhana dengan bahan ember bekas sudah selesai dibuat.

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember

Sekarang saatnya beraksi. Untuk mengundang tikus-tikus berdatangan maka diperlukanlah semacam umpan. Dan di sini anda harus merelakan sedikit selai yang biasa anda oleskan pada roti, namun kali ini anda harus mengoleskannya mengelilingi kaleng yang berada di tengah ember perangkap. Oleskan merata, ya :)

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember

Terakhir taruh jebakan tikus dari ember di tempat yang menurut anda strategis, yang biasa dilewati oleh tikus. Oh iya, supaya tikus bisa naik ke atas mulut ember, maka anda perlu meletakkan sebuah papan kayu untuk jalan tikus naik menuju umpan yang anda pasang.

Cara Membuat Perangkap Tikus Menggunakan Ember


Jika perangkap sudah dipasang, maka anda tinggal menunggu dan melihat keesokan harinya. Periksalah ke dalam ember apakah ada tikus yang masuk atau tidak. Apabila anda menemukan tikus di dasar ember berarti perangkap tikus dari ember yang anda buat telah berhasil karena tikus yang mencoba mendekati umpan akan tergelincir ke bawah akibat kaleng yang tikus pijak akan berputar.

Selamat berburu tikus !

Sumber gambar peraga : youtube.com


4 komentar

Hhaha kreatif kang, jadi kalau ada tikus yang mau jilatin selai makanan kepeleset ya ke dalam ember tersebut :D kalau gitu mh bisa nangkap tikus lebih dari 5 deh dalam semalam :D kalau saya sih hanya mengandalkan jasa kucing untuk menangkapnya :) hhee

Bisa di coba dirumah saya ini mantap...
Terima kasih infonya... :)

Bakalan teler nih tikusnya..ya kan Kang..hahahyy

Mkasih sekali yah, inni perlu di coba!

Komentar Anda :

 
Back To Top