WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Menggunakan Botol Bekas


Nyamuk merupakan hewan pembunuh nomor satu di dunia menurut data WHO. Banyak penyakit yang ditularkan dari hewan kecil ini. Diantaranya yang paling berbahaya adalah Demam Berdarah, Zika, Chikungunya dan Malaria. Jika penderita tidak ditangani dengan cepat, dampak terburuk bisa terjadi adalah kematian. 

Karena itu, kita harus berhati-hati dengan nyamuk. Sedini mungkin kita berusaha untuk menghambat perkembang biakan mereka dengan tidak membiarkan adanya genangan air di sekitar tempat tinggal kita. Intinya menjaga lingkungan senantiasa bersih dan rapi. Namun demikian, nyamuk selalu saja ada. Apalagi di lingkungan yang banyak saluran air atau selokan.

Jika sudah begitu, yang harus kita lakukan adalah menjaga keluarga kita dari gigitan nyamuk, terutama nyamuk yang membawa virus berbahaya. Diantaranya adalah dengan menggunakan raket anti nyamuk, obat nyamuk, baik itu oles, bakar, dll.

Cara lain adalah dengan menanam tanaman hias yang tidak disukai nyamuk. Jadi selain menciptakan keindahan, kita juga terhindar dari gannguan nyamuk.

Alternatif lain ialah dengan memasang perangkap nyamuk. Bukan hanya tikus atau cicak, nyamuk juga bisa ditangkap dengan perangkap. Bagaimana cara membuatnya, silahkan perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan dan Alat :

Botol bekas air mineral
Plastik kantong warna hitam
Lakban
Cutter
----------------------
200 ml Air panas
25 gr Gula merah
2 sendok teh Ragi
-----------------------


1. Ambil botol bekas air mineral atau semacamnya. Sebaiknya pilih botol yang agak besar, minimal 1.5 liter, lalu potong menggunakan cutter 2/3 bagian atasnya. Lihat gambar di bawah ini!

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Menggunakan Botol Bekas

2. Larutkan gula merah, lalu tuangkan ke dalam botol. Lihat gambar!

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Menggunakan Botol Bekas

3. Setelah itu, masukkan dua sendok teh ragi. Cukup taburkan saja, tidak perlu diaduk.

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Menggunakan Botol Bekas

4. Satukan potongan botol tadi dengan posisi mulut botol berada di bawah. Rekatkan menggunakan lakban, kemudian bungkus dengan kantong plastik warna hitam.

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Menggunakan Botol Bekas

5. Taruh perangkap yang dibuat tadi di sudut-sudut ruangan, atau tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk di rumah anda. Ganti air gula dan ragi yang ada di dalam perangkap nyamuk setiap dua minggu sekali.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, sebelum terlambat tidak ada salahnya melakukan tindakan-tindakan sebagai pencegah terjadinya penyakit yang berbahaya yang ditimbulkan oleh nyamuk dan mencegah pertumbuhannya.


3 komentar

wah kreatif juga tuh kang bisa di coba nanti di rumah, bahan nya un gampang di cari :)

gampang banget dan turut mengurangi sampah juga mas, khususnya sampah botol bekas minuman.

Jadi pengen coba buat nih mas, sepertinya sangat ampuh untuk mengurangi gangguan nyamuk dirumahnya kita

Komentar Anda :

 
Back To Top