WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Hati-Hati Membeli Token PLN Lewat Mesin ATM


Berlakunya sistem pembayaran pra-bayar pada PLN membuat pelanggan lebih berhati-hati dalam memakai listrik untuk keperluan sehari-sehari, sehingga penggunaannya dapat ditekan se-efisien mungkin. Pelanggan dapat menikmati listrik jika sudah membeli stroom terlebih dahulu, dan apabila stroom habis pastinya anda tahu apa yang akan terjadi.  

Untuk mendapatkan Stroom atau Token atau orang lebih familiar dengan sebutan 'Pulsa Listrik' dapat dilakukan di mana saja, karena sekarang sudah banyak tempat yang menyediakannya. Sebagai contoh Minimarket, Konter Pulsa, ATM, dan juga banyak tersebar di media online. Hanya saja kalau lewat online harus lebih berhati-hati karena banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyamar sebagai penjual Token abal-abal. 

Untuk menghindari penipuan saya lebih suka membeli lewat 'darat' saja, dengan alasan kita dapat komplain apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, walaupun dalam keadaan darurat saya juga harus membeli Token PLN di situs online yang terpercaya. Yang ingin tahu situsnya silahkan hubungi lewat email saja :)

Hati-Hati Membeli Token PLN Lewat Mesin ATM

Kejadian ini saya alami beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 11 Juni 2016. Pada waktu itu saya menuju ke mesin ATM terdekat untuk mengecek transferan yang masuk dari para pemesan Thermostat melalui blog ini, sekalian menarik beberapa untuk keperluan dapur. Karena teringat di rumah meter listrik sudah 'tulat-tulit', tanda stroom akan habis, maka sekalian saya melakukan pembelian Token PLN sekalian melalui mesin ATM. Setelah menentukan jumlah nominalnya, keluarlah struk dengan angka token sesuai dengan orderan yang saya buat. Namun apa yang terjadi? Ternyata hasil cetak struk kurang baik. Angka-angka yang terdapat dalam selembar kertas kecil itu tidak tercetak dengan sempurna sehingga sulit untuk dibaca. Mau komplain saat itu juga sama siapa, karena saya menggunakan mesin ATM yang berada di sebuah SPBU. Ya sudah, akhirnya saya pun pulang dengan perasaan kurang puas. Jumlahnya tidak seberapa, cuma Rp. 20.000 saja, tapi tetap saja membuat saya kecewa. Berikut ini penampakan struknya.

Hati-Hati Membeli Pulsa Listrik Melalui Mesin ATM

Sampai di rumah, saya coba memasukkan 20 angka token yang sebagian tidak tercetak dengan sempurna, karena itu saya hanya bisa menebak angka berapa saja itu. Setelah 3 kali mencoba, semuanya gagal dan percobaan berikutnya saya batalkan, karena takut kena blokir. Tambah ribet nanti persoalannya. Akhirnya saya merelakan token yang hilang dan membeli lagi di tetangga yang sudah lama langganan di sana.

Sudah agak lupa dengan kejadian token pln tak terbaca, ketika browsing sana browsing sini ketemu dengan cara cek history pembelian token listrik. Tanpa menunggu lama saya langsung menuju ke alamat situsnya di http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html. Sampai di halaman tersebut kita hanya tinggal memasukkan identitas pelanggan, di sini ayng diperlukan adalah Nomor Meter. No meter berjumlah 11 angka yang dapat ditemukan di kartu ID pelanggan, dan juga tertempel bersama barcode yang ada di body meter. Setelah nomor meter diketikkan, lalu klik tombol 'cari', maka setelah menunggu beberapa detik, history atau data riwayat pembelian token pln akan muncul seluruhnya.

Cek-history-pembelian-token-listrik-pln

Sayangnya, setelah dua hari dari waktu pembelian nomor token pln yang saya beli via ATM, belum masuk juga. Mungkin data yang ditampilkan tidak update setiap hari.

Cara mendapatkan nomor token listrik yang hilang.

Banyak jalan menuju Roma. Peribahasa tersebut ternyata benar adanya. Jika nomor token terakhir yang kita beli tidak tertera di halaman Info Prepaid, kita bisa mengajukan keluhan dengan pilihan lain, yaitu di halaman resmi PLN, https://www.facebook.com/cc123pln atau via email ke pln123@pln.co.id.  Setelah saya menuliskan keluhan di halaman facebooknya, dengan respon yang cepat saya segera disarankan untuk mengontak PLN123 melalui email demi menjaga kerahasiaan data. Dengan ramah dan dalam tempo waktu yang sangat cepat, PLN123 langsung merespon dan memproses keluhan saya, dan nomor token kembali saya dapatkan.

Demikan sekelumit pengalaman saya yang bagi sebagian orang tidaklah terlalu penting. Namun siapa tahu suatu hari nanti ada yang mengalami hal serupa seperti yang saya alami sekarang ini.

Tips:
Sebelum melakukan pembelian token listrik pln melalui mesin ATM sebaiknya cetak struk dulu untuk mengetahui hasil cetaknya. Misal mencetak data mutasi atau semacamnya.


 
Back To Top