WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Mengkonsumsi Air Lemon Hangat Setiap Pagi


Apa yang anda lakukan ketika bangun tidur di pagi hari? Pasti jawabannya beragam. Biasanya yang paling sering adalah buang air kecil, dan setelah itu minum. Ada yang minum air putih, dan ada yang langsung menikmati secangkir kopi panas.

Apakah sudah ada yang menyarankan agar minum secangkir air hangat dicampur lemon? Jika belum, cobalah untuk mengubah kebiasaan anda. Karena dengan mengkonsumsi air lemon hangat maka anda akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat yang akan anda peroleh dari mengkonsumsi air lemon hangat setiap pagi hari:

Dampak Positif & Negatif Mengkonsumsi Air Lemon Hangat Setiap Pagi

Membantu tubuh mengeluarkan racun
Air lemon mempunyai manfaat diuretik, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan orang ingin buang air kecil. Air lemon membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya melalui air seni.

Membantu proses pembersihan liver
Rasa lemon hangat yang asam dapat meringankan kinerja asam pencernaan pada pagi hari. Vitamin C pada lemon dapat memerangi virus flu dan asam askorbat turut membantu menyerap zat besi yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mampu menyeimbangkan kadar pH tubuh, dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan liver.

Membantu sistem pencernaan
Lemon akan menstimulasi sistem gastrointestinal, meningkatkan kemampuan tubuh dalam proses penyerapan nutrisi sepanjang hari dan juga membantu mencerna makanan.

Sari lemon mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi bagus sekali bagi anda yang sedang melakukan program diet.

Mengatasi perut yang bermasalah
Keadaan perut kenyang ketika menjelang tidur dapat membuat perut terasa kembung di pagi hari. Flavonoid dari sari lemon dapat membantu mengurangi kadar asam dalam perut, sehingga anda akan merasa nyaman dalam waktu sekejap.

Mempercantik kulit
Vitamin C dan antioksidan yang ada dalam lemon terbukti menutrisi kulit dan melawan efek penuaan, yang akan menjadikan anda selalu awet muda.

Namun, ada yang harus diperhatikan agar air lemon tidak menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan. Menurut drg. Matthew Messina, penambahan lemon ke air, dapat meningkatkan resiko pengikisan lapisan email gigi, sedangkan email gigi yang terkikis sudah tidak tergantikan lagi. Untuk itu, drg. Messina memberikan tips berikut ini agar anda terhindar dari efek samping mengkonsumsi air lemon hangat :
  • Jangan meminum air lemon begitu saja. Minum air lemon bersama makanan selingan untuk merangsang produksi air liur. Air liur berguna untuk menetralisir asam dan partikel makanan, dan juga membantu melindungi gigi dari pembusukan.
  • Sebelum di minum, tunggu agar suhu air lemon turun sehingga tidak terlalu hangat, dan akan lebih baik jika menggunakan sedotan.
  • Minum air lemon sebelum menggosok gigi, agar asam tidak akan merusak email gigi, lalu tunggu sekitar 30 - 60 menit sebelum anda menyikat gigi.
Selamat mencoba!


 
Back To Top