WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Lain Daun Pandan Yang Perlu Anda Ketahu


Banyak orang menanam pandan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Selain perawatannya gampang, pandan juga mudah sekali tumbuh. Baunya yang harum menjadikan orang mengenalnya dengan sebutan pandan wangi.

Bukan cuma sebagai penghias halaman rumah, daun pandan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam sebuah masakan, misalnya sebagai bahan pewarna alami, penambah aroma dan penguat rasa.

Tahukah anda, ternyata daun pandan juga mengandung manfaat lain yang belum banyak orang ketahui. Manfaat apa sajakah itu?

Manfaat Lain Daun Pandan Yang Perlu Anda Ketahui

Mengobati sembelit
Banyak menkonsumsi sayur dan buah merupakan cara efektif untuk mencegah sembelit. Apabila terlanjur kena sembelit, coba obati dengan meminum jus daun pandan dua kali dalam sehari pada siang dan malam hari secara rutin.

Menghentikan kram di perut
Selain ampuh menyembuhkan sembelit, minum jus daun pandan juga dapat mengatasi kram atau kejang pada daerah perut.

Menambah nafsu makan
Ketika sedang dalam keadaan sakit orang sering kehilangan selera makannya. Untuk mengatasinya, cobalah minum jus daun pandan agar nafsu makan datang kembali. Selain dibuat menjadi jus, daun pandan juga bisa dinikmati sebagai teh dan diminum dalam keadaan hangat.

Penambah stamina
Setelah sembuh dari sakit tubuh memerlukan waktu untuk pemulihan. Di saat pemulihan tersebut tidak ada salahnya menambah daun pandan dalam daftar menu. Karena daun pandan dapat membantu memulihkan tenaga dan mengembalikan stamina yang hilang selama sakit.

Pereda demam
Minum jus atau teh daun pandan dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh dan meredakan panas akibat demam. Selain itu, jus atau teh daun pandan juga dapat melegakan sakit di dada yang diakibatkan oleh batuk.

Membuang racun dalam tubuh
Minum jus atau teh daun pandan akan menguras kotoran yang menumpuk di dalam tubuh dan bersifat menetralkan racun.

Membasmi ketombe
Selain dijadikan minuman, daun pandan bisa juga digunakan untuk pemakaian luar. Membilas rambut dan kulit kepala menggunakan daun pandan dapat mengurangi ketombe dan mencegah kerontokan rambut.

Meredakan rasa sakit akibat rematik
Daun pandan mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan rematik. Cukup tempelkan pada otot dan persendian yang sakit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, olesi daun pandan dengan minyak kelapa sebelum ditempelkan pada bagian yang sakit.

Menyegarkan nafas
Mengunyah daun pandan terbukti dapat membantu mengurangi bau mulut dengan segera. Manfaat lainnya ialah mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi.

Itulah beberapa manfaat lain dari daun pandan yang perlu anda ketahui. Sehingga mulai saat ini daun pandan tidak hanya difungsikan sebagai tanaman hisa semata.


 
Back To Top