WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Garam Yang Belum Banyak Orang Ketahui


Garam merupakan bumbu dapur yang mempunyai peranan paling penting dan paling terkenal diantara bumbu-bumbu dapur yang lain. Kalau tidak percaya bisa anda buktikan sendiri. Ketika memasak sayur lupa dikasih garam, orang pasti langsung tahu, tapi kalau yang dikurangi bumbu lainnya, orang belum tentu tahu :)

Tapi di sini saya tidak mau membicarakan garam sebagai bumbu dapur, tapi lebih kepada manfaat lain dari garam yang juga digunakan untuk keperluan yang lain. Dan berikut manfaat garam yang belum banyak orang ketahui.

Manfaat Garam Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Garam juga dapat digunakan untuk :

Menentukan kualitas telur
Siapkan satu gelas air lalu beri 2 sendok teh garam, kemudian diaduk hingga garam larut. Masukkan telur ke dalam gelas lalu perhatikan. Telur yang masih bagus akan tenggelam, sedangkan telur dengan kualitas jelek akan mengapung.

Menghilangkan bau tak sedap
Sehabis memotong bawang putih atau bawang merah akan meninggalkan bau di tangan. Untuk menghilangkannya, gosokkan garam pada telapak tangan untuk menghilangkan baunya. Selain menghilangkan bau, garam juga dapat Menghilangkan rasa panas sehabis memotong cabai.

Memperpanjang usia keju
Kita bisa memperpanjang usia keju dengan membungkusnya menggunakan kain yang dibasahi dengan air garam sebelum disimpan.

Obat rangen alami
Kaki yang sering terkena air sehingga dan selalu dalam kondisi lembab dapat mengakibatkan rangen atau kutu air. Dan ternyata garam terbukti mujarab untuk mengatasi penyakit tersebut.

Mencegah semut datang
Selain bedak bayi, garam juga pengusir semut yang dapat dijadikan pilihan alternatif.
No one likes ant infestations. Stop trails and deter ants by sprinkling salt in doorways and windowsills. And you can make this ant killer to really stop them fast.

Memadamkan api
Jangan tinggalkan dapur saat sedang memasak, karena bisa terjadi kebakaran ketika anda lupa mematikan kompor. Jika yang terbakar hanya pancinya saja, janganlah panik. Ambil segenggam garam lalu taburkan pada panci yang terbakar.

Menambal lubang di dinding
Lubang di dinding karena bekas paku, atau retak kecil-kecil dapat diperbaiki dengan bantuan tepung jagung dicampur garam dan diberi sedikit air kemudian diaduk hingga menjadi pasta. Setelah itu aplikasikan kepada tembok yang ingin diperbaiki dan biarkan mengering.

Mencerahkan warna pakaian
Campurkan garam pada saat mencuci pakaian untuk membuat warna pakaian menjadi cemerlang kembali.

Membersihkan noda darah
Garam mampu membersihkan noda darah yang menempel pada kain.

Menyegarkan ruangan
Sudut rungan yang lembab kadang menimbulkan bau yang tak sedap. Untuk itu, taburi garam pada sudut ruangan tersebut dan rasakan hasilnya.

Membuat rileks otot kaki
Saat otot kaki terasa tegang sehabis olahraga, camourkan garam dengan minyak esensial kemudian balurkan merata pada otot yang tegang.

Membuat kinclong benda dari kuningan
Campurkan garam, tepung dan cuka dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tadi pada kuningan yang ingin dibersihkan. Tunggu selama satu jam, baru kemudian di lap menggunakan kain lembut.


 
Back To Top