WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Memicu Nyeri Pada Leher


Sebagian besar orang pasti pernah merasakan rasa nyeri pada leher. Sadar atau tidak, sebenarnya nyeri pada leher ini sering disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari yang menyebabkan ketegangan otot yang berada di sekitar leher dan bahu.

Kebiasan-kebiasaan tersebut diantaranya adalah :

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Memicu Nyeri Pada Leher

Posisi duduk yang salah
Dari sebuah penelitian mengungkapkan 45% orang yang bekerja di perkantoran menderita nyeri pada leher. Penyebabnya adalah posisi duduk yang tidak benar ketika seharian berada di depan komputer.  

Seorang dokter bedah ortopedik, Dr.Jeremy Smith mengatakan kebanyakan kursi kerja di kantor tidak mendukung lengkung alami tulang belakang. Hal tersebut diperburuk dengan posisi duduk melengkung dan melorot sehingga membentuk seperti huruf 'C'. Hal demikian menimbulkan tekanan yang berlebih pada leher dan otot-otot di punggung.

Menggunakan smartphone secara berlebihan
Menggunakan smartphone untuk menulis pesan atau berkomentar di sosial media secara terus menerus tidak hanya membuat otot tangan terasa pegal. Posisi menunduk ketika memandang pada layar smartphone membuat tekanan yang cukup besar pada otot leher. 

Kebiasaan merokok
Dampak dari kebiasaan merokok ternyata juga dapat memicu nyeri leher. Merokok membuat bantalan otot di punggung dan leher kekurangan cairan yang menyebabkan berbagai macam gangguan dan tekanan yang mengganggu fungsi pada tulang belakang. Pembuluh darah mengeras dan menegang yang menghambat asupan oksigen ke area tulang belakang berkurang.

Menenggak alkohol sebelum tidur
Tak cuma posisi duduk yang salah, posisi  tidur yang tidak benar juga dapat memicu terjadinya nyeri pada leher. Setiap orang berubah posisi tidurnya secara alami dan berlangsung hingga beberapa kali dalam semalam. Orang yang habis mengkonsumsi alkohol biasanya merubah posisi tidurnya lebih sedikit, bahkan sepanjang tidurnya hanya berada dalam satu posisi tidur yang tidak nyaman.

Demikian kebiasaan-kebiasaan yang menimbulkan nyeri pada leher. Jadi untuk mencegah nyeri leher menyerang anda, hindari hal yang telah disebutkan di atas.


 
Back To Top