WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Menyimpan Buah dan Sayur Yang Benar


Buah dan sayur merupakan dua jenis makanan yang mempunyai peranan penting dalam hal menjaga kesehatan karena dapat memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, buah dan sayur harus selalu tersedia di rumah mengingat begitu besarnya manfaat yang dapat diambil. Namun apabila jumlah stok buah dan sayur cukup banyak, sebaiknya perhatikan cara penyimpanannya agar buah dan sayur anda awet dan tidak cepat membusuk.

Beberapa jenis buah dan sayur tertentu secara alami menghasilkan gas etilen, hormon pada tumbuhan yang berperan dalam proses pematangan buah dan kerontokan daun. Gas etilen membuat perubahan tekstur, pelunakan serta warna pada buah. Proses tersebut ternyata dapat merusak masa simpan makanan segar lain bila ditaruh dalam tempat yang sama dan saling berdekatan.

Cara Menyimpan Buah dan Sayur Yang Benar

Sebagai contoh, bahan-bahan yang sebaiknya tidak disimpan bersamaan adalah kentang dengan bawang, apel dengan semangka. Sedangkan pisang sebaiknya disimpan pada tempat tersendiri dan dijauhkan dari buah dan sayuran apapun karena akan membuat keduanya menjadi cepat busuk.

Contoh sayuran yang sensitif dengan gas etilen yang dikeluarkan dari buah seperti apel, pisang, pir, aprikot, mangga, kiwi, plum, dan buah persik diantara adalah brokoli, wortel, asparagus, selada, ubi jalar dan kentang.

Jangan menyimpan kentang di dalam kulkas!
Beberapa makanan lebih baik apabila dimasukkan ke dalam kulkas agar lebih awet. Tapi jangan masukkan kentang.

Menurut Badan Standarisasi Makanan Amerika menyatakan, ketika kentang disimpan di dalam lemari es, pati kentang akan berubah menjadi gula. Ketika kentang diolah dengan cara dipanggang atau digoreng, gula tersebut dapat bercampur dengan asparagin asam amino yang akan menghasilkan akrilamida kimia, yang berbahaya bagi tubuh. Akrilamida merupakan bahan kimia yang digunakan dalam proses industri kertas, pewarna dan plastik, yang berpotensi menyebabkan kanker.

Diatas telah disebutkan bahwa menyimpan dua buah jenis buah atau sayur dapat mempercepat proses pembusukan. Namun, tidak dengan kolaborasi dua bahan berikut ini.

Alpukat dengan bawang
Menyimpan buah alpukat (yang telah dibelah) dengan irisan bawang dapat mencegah perubahan warna pada permukaan alpukat. Senyawa sulfur yang terdapat pada bawang akan mengoksidasi permukaan hijau alpukat dan mencegahnya menjadi kecokelatan selama beberapa hari.

*Dirangkum dari berbagai sumber.


1 komentar:

Wah kalau saya nih suka sembranagan aja kang semua buah dan sayur biasa di masukan dalam kulkasn padahal gaka semua baik di masukan dlaam kulkas yh

Komentar Anda :

 
Back To Top