WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Benarkah Daun Ciplukan Dapat Menyembuhkan Stroke?


Banyak orang yang bilang kalau air rebusan dari daun ciplukan berkhasiat menyembuhkan Stroke dan Diabetes Militus. Karena itu ada saja orang yang menyarankan kepada penderita untuk melakukan hal tersebut. Apakah benar demikian? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penuturan dari Dokter Herbal Rumah Sakit Kanker Dharmais, Aldrin Neilwan, MD, MARS, M. Biomed, M. Kes, SpAK yang juga tergabung di Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia, yang saya kutip dari healt.liputan6.com.

Benarkah Daun Ciplukan Dapat Menyembuhkan Diabetes?

Mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara tradisional dapat membantu proses menyembuhkan, tapi tidak dijadikan sebagai pengobatan utama dan meninggalkan pengobatan medisnya. Prinsip yang harus dipahami oleh masyarakat awam adalah penggunaan tanaman obat hanya bisa digunakan sebagai pelengkap dari pengobatan medis yang ada.

Penderita stroke akan mendapat obat-obatan stroke. Apabila penderita ingin menambahkan dengan tanaman herbal boleh-boleh saja. Asal sebelumnya penderita sudah berkonsultasi dengan dokter strokenya, karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan tidak asal beri.

Stroke terjadi karena pendarahan otak dan ada juga yang terjadi akibat sumbatan pada pembuluh darah. Penanganannya juga berbeda-beda sehingga pemberian obat-obatan tidak boleh asal, termasuk pemberian obat-obatan penunjang.

Jika ada orang yang beranggapan daun ciplukan bisa 100% mencegah terjadinya stroke, menurut Aldrin perlu diberi pemahaman bahwa itu tidak semudah yang mereka pikirkan.


 
Back To Top