WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Zodia, Tanaman Paling Dibenci Nyamuk


Ada banyak tanaman yang dipercaya dapat mengusir nyamuk. Tanaman tersebut diantaranya adalah bunga lavender, serai, dan geranium. Namun diantara tanaman-tanaman yang telah disebutkan tadi, ada nama Zodia (Evadia Suaveolens) tumbuhan endemik Indonesia yang berasal dari tanah Papua. Daunnya berwarna hijau agak kekuningan, bentuknya pipih memanjang, lentur dan menyejukkan mata. Aroma menyengat yang keluar dari daun Zodia tidak disukai oleh nyamuk. Menurut Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E.,MS.,SP.,ParK, seorang ahli parasitologi, Zodia mengandung zat evodia mine dan rutaecarpine yang menjadikannya sebagai tanaman paling efektif dalam urusan mengusir nyamuk, termasuk nyamuk Aedis Aegypti penyebab Demam Berdarah (DBD).

Zodia, Tanaman Paling Dibenci Nyamuk

Zodia akan mengeluarkan aroma khasnya jika daun-daunnya saling bersentuhan dan bergesekkan akibat tiupan angin. Zodia lebih tepat dijadikan sebagai tanaman hias indoor dengan meletakkannya di dekat jendela, sudut-sudut ruangan atau dekat ventilasi ruangan. Itu karena Zodia akan layu dan mati apabila terkena paparan sinar matahari secara langsung, tapi jika kurang mendapatkan sinar matahari membuat pertumbuhan Zodia kurang sehat.

Penempatan Zodia di tempat-tempat seperti jendela, pojok ruangan dan ventilasi akan menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah. Akan tetapi, kita harus waspada seandainya Zodia diletakkan di ruangan yang sempit dengan sedikit sirkulasi udara, karena hal ini dapat menimbulkan rasa pusing di kepala. Biarpun sudah ada tanaman Zodia di dalam rumah, namun kita masih perlu untuk melindungi diri dari nyamuk dengan mengenakan baju dan celana panjang. Pemasangan kelambu, serta bila perlu gunakan penolak nyamuk yang dijual di pasaran supaya keluarga terhindar dari ancaman DBD.

Mengembangbiakkan Zodia tidaklah sulit karena Zodia dapat diperbanyak dengan cara stek ranting atau diperbanyak dengan bijinya. Ketika sudah berbunga, biji Zodia akan jatuh dengan sendirinya dan tumbuh di sekitarnya. Zodia dapat ditanam dalam pot, tapi di tempat terbuka, tanaman ini dapat mencapai tinggi hingga 2 meter.

Untuk menolak nyamuk, Zodia tidak hanya dapat digunakan pada saat tanaman tersebut masih dalam keadaan segar saja. Namun, hasil ekstrak dari daunnya juga dapat digunakan. Selain lebih praktis, ekstrak daun Zodia juga dapat disimpan lebih lama. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah (Ballitro), minyak hasil sulingan dari daun Zodia mengandung 46% Linalool, dan 13,26% Apinene. Linalool itulah yang berperan penting sebagai zat pengusir nyamuk. Minyak Zodia mampu memberikan perlindungan dari nyamuk selama 6 jam dengan daya perlindungan mencapai 70%.


Komentar Anda :

 
Back To Top