WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tanaman Ini Bernama Kecubung


Kecubung merupakan tumbuhan yang masih sekerabat dengan datura, tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet besar. Kecubung memiliki bunga putih dan ungu, namun hasil persilangannya mempunyai beraneka warna. Kecubung tumbuh dengan baik di tempat beriklim panas. Sebagian orang menanam kecubung sebagai tanaman hias, namun ada juga yang ditanam untuk dimanfaatkan sebagai tanaman yang memiliki khasiat obat.

Khasiat Kecubung Untuk Kesehatan
Kecubung mengandung senyawa kimia Alkaloid. Senyawa alkaloid terdiri dari Atropin, Hipociamin, dan Skopolamin. Ahli tanaman obat, dr Setiawan Dalimartha, menjelaskan bahwasanya zat yang mempunyai manfaat sebagai pereda asma adalah Hipociamin dan Skopolamin yang mempunyai sifat antikholinergik. Efek dari zat-zat tersebut sangat membantu penderita asma. Alkaloid dapat melebarkan saluran pernapasan yang menyempit karena serangan asma. Sedangkan Skopolamin mempunyai aktivitas depresan pada susunan saraf pusat. Caranya dengan memanfaatkan daun kecubung yang sudah dikeringkan, kemudian dijadikan semacam rokok. Tapi ingat, harus dengan resep yang benar, karena jika over yang ada bisa terjadi mabuk, ha ha ha.... Karena itu harus dengan resep dari ahlinya!

Tanaman Ini Bernama Kecubung

Selain untuk obat asma, tumbuhan dengan bentuk buah agak 'serem' ini juga dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit lainnya. Diantaranya adalah mengobati:

Tanaman Ini Bernama Kecubung

Sakit pinggang, Encok, dan Rheumatik 
Daun kecubung dapat digunakan sebagai obat untuk sakit pinggang, encok dan rheumatik. Cara pemakaiannya pun terbilang lebih aman. Ambil beberapa lembar daun kecubung, kemudian remas-remas atau tumbuk hingga agak halus. Balurkan ke bagian yang sakit. Untuk sakit pinggang cukup menggunakan daunnya saja, encok tambahkan sedikit kapur sirih, sedangkan rheumatik daun kecubung di campur dengan bawang merah dan jahe.

Mengobati bengkak
Kejadian apapun dapat terjadi tanpa kita mau, misalnya adalah terantuk benda keras pada bagian tubuh seperti kepala, tangan atau kaki. Untuk mengatasi bengkak akibat kejadian tersebut dapat di atasi dengan menggunakan daun kecubung. Caranya, ambil selembar daun kecubung, olesi dengan minyak kelapa kemudian panaskan sampai layu. Lalu setelah dingin tempelkan pada bagian yang bengkak selama beberapa saat.

Bahaya Kecubung !
Meskipun kecubung dapat digunakan sebagai obat beberapa penyakit, namun kita harus hati-hati dalam penggunaannya. Apalagi jika sampai mengkonsumsinya, sangat tidak dianjurkan, Zat Alkaloid yang terkandung pada kecubung dapat menimbulkan efek halusinogen. Orang yang mengkonsumsi buah kecubung akan mengalami mabuk berat dan berlangsung cukup lama bisa lebih dari 7 hari. 



Jangan coba di rumah !

 
Back To Top