WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Rempah-Rempah Yang Dapat Mempertajam Ingatan


Sebuah penelitian mengungkapkan ternyata beberapa jenis rempah-rempah mempunyai manfaat mampu mempertajam ingatan. Selain itu, dengan mengkonsumsi rempah-rempah tertentu secara teratur dapat mengurangi kecemasan dan juga mencegah terjadinya tumor otak. 

Rempah-Rempah Yang Dapat Mempertajam Ingatan

Bawang putih
Studi yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa bawang putih memiliki senyawa aktif tertentu yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah kepikunan. 

Peterseli dan Thyme
Mungkin sebagian orang asing dengan nama rempah-rempah di atas. Peterseli mempunyai bentuk fisik mirip dengan seledri, hanya batangnya lebih kecil. Yang membedakannya adalah aromanya. Rempah ini biasa digunakan oleh orang India sebagai campuran bumbu masakan. Thyme (Timi) sejatinya adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di sawah. Di Indonesia tak banyak yang menggunakan Thyme sebagai bumbu masakan, tak seperti di negara-negara barat yang sering menggunakan Thyme sebagai bumbu dapur.
  
Flavonoid (apigenin) yang terkandung dalam Peterseli dan Thyme dapat memperkuat hubungan neuron dan sel-sel yang dapat membentuk neuron lainnya. Para ilmuwan mengatakan, herbal ini dapat menangkal depresi, Alzheimer, dan juga Parkinson.

Chamomile
Chamomile merupakan tumbuhan semusim yang masih keluarga dari bunga Matahari Asteraceae. Tanaman ini banyak tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan wilayah Asia yang memiliki 4 musim. Chamomile paling nikmat disajikan sebagai teh herbal. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, Chamomile ternyata mengandung senyawa yang dapat mengikat reseptor bahan kimia otak tertentu yang dapat membantu mengurangi kecemasan. 

Kunyit
Senyawa tertentu yang ditemukan dalam kunyit, dapat membentuk makrofag dan membersihkan plak dari otak dengan gejala awal Alzheimer.

Sage (salvia officinalis L)
Daun Sage sering digunakan sebagai bumbu masak di Eropa. Aromanya yang harum sering digunakan untuk menambah aroma bumbu masakan olahan daging dan seafood. Dalam masakan, daun sage bisa digunakan pada kondisi segar ataupun kering. 

Dalam sebuah studi disebutkan kalau Sage berpengaruh pada tes memori dan fokus. Sage dinilai dapat memblok aktifitas enzim yang mendegradasi neurotransmitter yang menjalankan fungsi otak. 

 
Back To Top