WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Rempah Rempah Penurun Berat Badan !


Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Selain menjadikan masakan lebih sedap, ternyata rempah-rempah bermanfaat bagi kesehatan kesehatan, salah satunya digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan, rempah-rempah memiliki potensi meningkatkan metabolisme tubuh, mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menyukseskan program diet yang sedang dijalankan.

Rempah Rempah Penurun Berat Badan !

Berikut ini daftar rempah-rempah yang dapat menurunkan berat badan menurut Dr Shilpa Mittal, ahli gizi dari Mumbai, India.

Kunyit
Kunyit (Curcuma Domestic) sudah sangat dikenal sebagai bumbu dapur. Jenis tanaman rimpang ini dapat membantu mengurangi pembentukan jaringan lemak, sehingga menurunkan jumlah lemak dalam tubuh dan mencegah kenaikan berat badan. Kunyit mengandung lemak, karbohidrat, kalium, protein, mineral, fosfor, zat pati, minyak asiri, dan senyawa kurkuminoid.

Kayu manis
Kayu manis menjadi salah satu rempah terbaik yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Khasiat kayu manis dapat menstabilkan kadar gula darah yang memungkinkan untuk menekan produksi insulin. Mengkonsumsi kayu manis akan merasa kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar serta mempercepat proses metabolisme lemak.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan orang yang meminum kapsul kayu manis 6 gr/ hari akan mengalami penurunan kadar glukosa antara 18 - 29% setelah 40 hari. Kayu manis juga menurunkan kolesterol buruk hingga 27%.

Lada hitam
Senyawa piperin yang terdapat pada lada hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Piperin juga dapat mencegah pembentukan jaringan lemak baru, sehingga sangat baik untuk diet. Lada hitam akan membantu memperbaiki sistem pencernaan dan dapat membakar lemak lebih cepat. Dalam ilmu pengobatan, lada hitam bisa digunakan pula untuk mengobati pada gangguan pencernaan.

Jahe
Jahe dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah penumpukan lemak di tubuh. Di beberapa negara, jahe digunakan untuk diet. Dengan meminum ramuan jahe setiap menjelang tidur, akan membantu meluruhkan makanan pada sistem pencernaan, dan terhindar dari perut buncit. Jehe bisa membantu mempercepat pembakaran kalori, sehingga bisa meratakan perut. Sifat jahe juga bisa melebarkan pembuluh darah, serta membakar kalori dalam tubuh.

Minyak kelapa mangandung banyak kalori dan karbohidrat, hal ini yang membuat minyak kelapa dapat membantu untuk mengendalikan nafsu makan, sehingga membantu menurunkan berat badan. Minyak kelapa juga bisa mengurangi jumlah timbunan lemak dalam tubuh karena mengandung trigliserida, yang membantu untuk mengubah asam lemak menjadi energi sehingga membuat metabolisme tubuh akan meningkat. Hal tersebut karena minyak kelapa mengandung asam lemak sehingga lebih mudah untuk dicerna. Minyak kelapa bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga membuat perut tidak mudah lapar.

Asam Jawa mengandung senyawa saponin, flavonoid dan tanin. Unsur tersebut berperan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Asam Jawa mendegradasi lemak dalam tubuh, sehingga sangat bagus digunakan sebagai obat herbal pelangsing alami.

Jinten
Di dalam jinten terdapat lebih dari 100 unsur kimia alami yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti diantaranya adalah omega 9. Unsur kimia yang satu ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat & meningkatkan lemak baik. Dalam Jinten juga terdapat asam amino. Setiap biji jinten mengandung 21% protein, 35% karbohidrat, 35 - 38% lemak, monosakarida dan polisakarida non stratch. Jinten dapat dikonsumsi kapan saja, karena baik untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan produksi energi.


Komentar Anda :

 
Back To Top