WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Rebung, Tunas Bambu Yang Baik Untuk Kesehatan


Mungkin anda sudah pernah mendengar nama rebung, bahkan pernah mengkonsumsinya, baik itu dalam bentuk sayur, atau yang sudah dijadikan bahan olahan lain. Namun apakah anda tahu manfaat yang terkandung di dalamnya?

Rebung, Tunas Bambu Yang Baik Untuk Kesehatan

Rebung adalah tunas dari pohon bambu yang banyak muncul disaat musim penghujan tiba.  Rebung mempunyai tekstur renyah dengan rasa sedikit agak manis yang membuat rebung dapat dijadikan sayuran alternatif.

Rebung kaya akan serat, protein dan terdapat juga kandungan asam amino, vitamin A, B1, B6 dan vitamin E dan beberapa mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini contoh manfaat rebung untuk kesehatan.

Mengatasi kolesterol jahat
Mengkonsumsi rebung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menstabilkan kadar gula dalam darah, begitulah hasil yang dilaporkan oleh Park dan John dari Washington State University dalam sebuah penelitian yang dilakukannya.

Mencegah serangan  jantung
Kandungan pitosterol dan fitonutrien yang terkandung di dalam rebung ternyata dapat membantu melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan mengontrolnya sehingga dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Melancarkan sistem perncernaan
Rebung mempunyai kandungan serat  yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi rebung berarti tubuh akan mendapatkan asupan serat dalam jumlah yang cukup. Karena serat merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh, dan menjaga kondisi usus tetap sehat.

Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah yang tinggi memicu munculnya berbagai macam penyakit diantaranya adalah serangan stroke.  Kalium dalam rebung berada pada jumlah yang tinggi. Kalium bermanfaat sebagai elektrolit yang berfungsi untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Membersihkan luka
Kandungan antiseptik yang terdapat dalam rebung bermanfaat untuk membersihkan luka, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya infeksi.

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Vitamin yang terdapat dalam rebung turut membantu menjaga sistem imin pada tubuh, sehingga tubuh senantiasa dalam keadaan sehat selalu.

Menurunkan resiko kanker
Rebung mengandung zat alami fitokimia yang dipercaya dapat mencegah kanker. Selain itu, kandungan lignan yang ada dapat melawan kanker, bakteri, jamur dan virus. Asam fenolik  dalam rebung bersifat sebagai antioksidan.

Mengobati bisul
Sebuah penelitian di India yang dilakukan oleh Muniappan dan Sundararaj menyatakan bahwa rebung memiliki sifat alami sebagai agen anti-inflamasi dan sifat analgesik (penghilang rasa nyeri). Hal ini membantu penyembuhan luka dan juga bisul.

Demikian sebagian kecil manfaat rebung untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan.Tidak semua jenis bambu mempunyai rebung yang dapat dikonsumsi. Rebung yang paling banyak di manfaatkan adalah rebung dari jenis bambu betung (petung).


Komentar Anda :

 
Back To Top