WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Rahasia di Balik Air Kelapa Muda


Rasanya yang manis dan menyegarkan, tentu saja sangat cocok dihidangkan pada siang hari yang terik untuk sekedar melepaskan rasa haus dan juga untuk menyejukkan badan. Tak hanya itu saja manfaat yang dapat kita rasakan, karena, masih ada rahasia lain di balik segarnya air kelapa muda karena di dalam air kelapa terkandung potasium, elektrolit, vitamin C, kalsium, dan magnesium. Sebuah penelitian menyatakan air kelapa yang dikonsumsi dalam bentuk apapun baik untuk kesehatan, diantaranya adalah :

Membuat kulit lebih sehat
Menggunakan air kelapa untuk membilas wajah terbukti mampu mengurangi jerawat, dan memberikan kelembaban pada kulit wajah sehingga wajah terlihat bersih berseri.

Mencegah kram pada otot
Minum air kelapa dapat mencegah kram pada otot karena di dalam air kelapa terkandung kalium sehingga dapat mengurangi keluhan pada otot.

Mengatasi asam lambung
Minum air kelapa juga dapat membantu bagian dalam perut menghasilkan lendir yang akan memberikan perlindungan dari efek berbahaya akibat produksi asam yang berlebihan. Air kelapa akan mencegah naiknya kembali asam lambung serta dapat membantu mendinginkan lapisan lambung dan mengurangi efek seperti terbakar. Sebaiknya air kelapa muda diminum setengah jam sebelum makan. 

Rahasia di Balik Air Kelapa Muda

Air kelapa muda, terutama dari jenis kelapa hijau ternyata menjadi minuman favorit bagi para ibu-ibu hamil dengan harapan anaknya nanti lahir dalam keadaan kulit yang putih bersih. Namun ada juga yang berpendapat bila sering minum air kelapa saat hamil, maka bayinya kelak terlahir botak. Ternyata semua itu hanya mitos, seperti yang disampaiakan oleh dr. Budi Iman Santoso‎, Sp OG (K) yang merupakan Kepala Departemen Obgyn RS Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau mengatakan bahwa bayi yang lahir dan mengalami kebotakan, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor genetik, obat-obatan, nutrisi, dan hormonal. Begitu pula dengan warna kulit bayi, besar kemungkinan dipengaruhi faktor genetik.

Meskipun air kelapa tidak mempengaruhi terhadap kebotakan dan warna kulit bayi, namun masih ada manfaat lain yang bisa didapatkan oleh ibu hamil, contohnya adalah :

Mencegah dehidrasi
Minum air kelapa merupakan cara terbaik untuk mencegah dehidrasi. meskipun seharusnya ibu hamil lebih dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih.

Mencegah sembelit
Ibu hamil lebih cenderung mengalami sembelit. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, ternyata bisa mengatasi sembelit dan juga dapat mencegah sakit maag di waktu hamil.

Meningkatkan sistem kekebalan
Air kelapa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhdan  tidak mudah lelah pada ibu hamil,  dengan mengonsumsi air kelapa 2x atau lebih  dalam seminggu, atau jumlah yang dibolehkan setelah mendapat izin dokter.

Mencegah terjadinya infeksi
Air kelapa mempunyai sifat sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur, sehingga mampu menurunkan terjadinya infeksi pada saluran kemih, dan infeksi lain.

Menambah produksi ASI
Ibu hamil yang mengonsumsi  air kelapa dapat membantu dalam produksi ASI. Jadi ketika si bayi lahir sudah tersedia cadangan makanan yang melimpah untuk dirinya. 

Meskipun air kelapa muda bermanfaat untuk ibu hamil, namun harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang dibolehkan oleh dokter atau bidan.


Komentar Anda :

 
Back To Top