WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mesin Penetas Telur Mini Dari Limbah Proyek


Membuat mesin penetas telur itu sangat mudah dan dapat menggunakan bahan apa saja, baik itu bahan baru atau dapat juga dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita. Sebagai contoh adalah mesin tetas telur seperti yang baru saya buat ini. Mesin penetas mini dengan dimensi panjang 30 cm, lebar 20 cm dan tinggi 40 cm saya buat dari bahan bekas alas cor di proyek perumahan yang sudah dibuang dan tidak digunakan lagi. Paling banter papan kayu tersebut hanya masuk ke dapur sebagai kayu bakar.

Papan kayu yang berlumuran semen tersebut saya pungut beberapa, sampai rumah saya bersihkan dan saya serut sedikit dengan mesin pasah (bisa menggunakan pasah manual) untuk menghilangkan bekas semen dan memperhalus permukaan papan kayu. Setelah itu papan dipotong sesuai keinginan karena tidak ada ukuran baku untuk membuat mesin penetas telur. Semua disesuaikan saja dengan kebutuhan. Setelah itu papan kayu yang sudah dipotong tadi dirangkai menjadi sebuah box atau kotak dan jangan lupa sisakan salah satu sisinya untuk pintu.

Pada bagian pintu jika ada bisa diberi material kaca. Atau dalam keadaan darurat dapat menggunakan plastik bening. Tapi harus hati-hati karena plastik bersifat mudah robek. Tujuan diberi kaca atau bahan tembus pandang lainnya adalah untuk mempermudah ketika proses penyetelan suhu nanti. Agar tampak gagah dan terhindar dari jamur, box bisa dicat dengan cat minyak.

Setelah semua selesai, tinggal memasang instalasi listriknya. Di sini saya menggunakan dua buah lampu bohlam  dengan ukuran besar masing-masing berdaya 5 watt.

Sebagai pengatur suhu dan untuk mengetahui suhu dalam ruangan mesin penetas dibutuhkan alat berupa thermostat dan termometer ruangan. Karena kebetulan di rumah sedia thermostat kapsul dan termometer maka saya tinggal memasangkannya saja. Bagi anda yang ingin memesannya lewat saya juga bisa. Saya siap kirim-kirim ke seluruh nusantara.

Jika anda belum tahu cara merangkai thermostat kapsul dengan lampu, silahkan baca postingan saya sebelumnya dengan judul Cara memasang thermostat kapsul pada mesin tetas.

Saya sudah menyiapkan beberapa gambar hasil akhir mesin tetas mini yang telah saya buat. Terlihat sangat sederhana, namun cukup bermanfaat. Silahkan disimak, siapa tahu ingin mencoba membuatnya juga di rumah :)

Mesin Penetas Telur Mini Dari Limbah Proyek

Mesin Penetas Telur Mini Dari Limbah Proyek

Mesin Penetas Telur Mini Dari Limbah Proyek

Untuk skala rumahan mesin penetas mini sangat praktis karena bentuknya yang mungil, menjadikan mesin penetas tidak memakan banyak ruangan yang ada, karena bisa ditempelkan di dinding mana saja di dalam rumah anda. Dengan luas 30 cm x 20 cm x 40 cm, rak di dalamnya mampu menampung 12 - 15 butir telur ayam atau 10 butir telur bebek.

Mesin Penetas Telur Mini Dari Limbah Proyek

Mesin penetas telur mini juga sangat cocok digunakan untuk menetaskan telur burung kicauan seperti Kenari, Lovebird, Murai, Jalak, dan lainnya.

Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, jangan sungkan untuk meninggalkannya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda selama saya mampu untuk menjawabnya.


6 komentar

wah kretif juga nih, boleh di coba nih!

harus pak. siapa tau induk ayamnya mati, jadi mesin tetasnya bisa menggantikan mengerami telurnya

Kang mau nanya. Kalau saya netaskan telur di mesin penentas beda hari itu gimana? Ngaruh nggak?

ga apa-apa, cuma beda hari saja nanti netasnya

berapa harga untuk ukuran yg mini ? btw lokasi mas dimana ?

250 ribu saja pak. lokasi Kab. Batang, Jawa Tengah

Komentar Anda :

 
Back To Top