WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mengatasi Suhu Pada Mesin Tetas Tidak Mau Naik


Mengatasi masalah suhu pada mesin tetas yang tidak mau naik dan hanya bertahan pada suhu tertentu saja tentu akan berpengaruh pada kinerja mesin tetas itu sendiri. Apabila suhu hanya bertahan di bawah suhu normal yaitu 38° C, pasti akan membuat proses penetasan telur terancam gagal dan mendatangkan kerugian. Masalah seperti ini biasanya ditemui pada mesin tetas buatan sendiri.

Mengatasi Suhu Pada Mesin Tetas Tidak Mau Naik

Membuat mesin penetas telur sendiri memang dapat memangkas biaya pengeluaran hingga 50% bahkan lebih. Karena pada intinya yang harus tersedia adalah box (bisa dibuat dari bahan kardus, stereofoam, papan kayu atau pun tripleks), thermostat, termometer, dan bola lampu (bohlam). Namun anda harus siap menghadapi berbagai kendala yang mungkin saja ditemui dan salah satunya adalah masalah suhu seperti yang telah disebutkan di atas. Tapi tidak usah kuatir, karena masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Yang diperlukan hanyalah ketelatenan dan juga kesabaran. 

Untuk mengatasi permasalahan seperti tersebut di atas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Cek box atau kotak yang anda buat. Pastikan tidak ada lubang atau celah yang dapat membuat panas dari lampu terlepas.
  • Cek juga ventilasi yang anda buat. Apabila lubang ventilasi terlalu lebar maka sebaiknya dikurangi kelebarannya dengan menutupnya menggunakan lakban atau bahan penutup lainnya.
  • Cek bohlam yang anda gunakan. Hindari penggunaan bola lampu dengan ukuran kecil. Pilih bohlam 5 watt dengan ukuran besar (seukuran bohlam 15 watt).
Semakin tinggi ruang dalam box, maka semakin banyak bohlam yang diperlukan. Jika suhu dalam box tak mau naik coba tambahkan bohlam lagi sesuai luas box yang ada. Sebagai contoh di sini saya membuat mesin tetas dengan ukuran panjang 30 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 40 cm, saya menggunakan 2 buah bohlam 5 Watt. Untuk mencapai suhu 38° C diperlukan waktu 15 menit dari suhu sebelumnya yaitu 25° C.

Mesin tetas buatan sendiri juga mempunyai fungsi yang sama dengan mesin tetas telur buatan pabrik, dan yang terpenting harganya lebih murah. Bandingkan harganya dengan mengklik tautan berikut ini.

Semoga tulisan singkat ini dapat mengatasi persoalan yang mungkin tengah anda alami sekarang.


Komentar Anda :

 
Back To Top