WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Konsep Pembuatan Kandang Penangkaran Jalak Suren


Sebelum membuat kandang penangkaran Jalak Suren, sebaiknya tentukan dulu lokasinya agar pembudidayaan berjalan sesuai seperti yang diharapkan. Dalam pemilihan lokasi, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah penempatannya. Usahakan kandang berada di tempat yang agak jauh dari keramaian dan terhindar dari serangan tikus ataupun kucing.  

Konsep Pembuatan Kandang Penangkaran Jalak Suren

Kandang penangkaran dibuat dengan ukuran tertentu agar burung merasa bebas dan merasa nyaman tinggal di dalamnya. Berikut kami berikan contoh gambar kandang penangkaran Jalak Uren lengkap dengan ukurannya.

Bentuk dan ukuran kandang penangkaran untuk satu pasang burung Jalak Uren.

Bentuk yang lazim dari sebuah kandang adalah kotak. Jadi begitu juga dengan bentuk kandang untuk penangkaran Jalak Suren yang akan anda buat. Hanya saja, mungkin dari ukurannya saja yang membedakan dengan kandang yang lain.

Untuk Jalak Suren, anda dapat menentukan ukuran kandangnya sebagai berikut: Panjang 80 cm, Lebar 100 cm, dan Tinggi 200 cm. Ukuran kandang tersebut sudah memenuhi syarat untuk ditempati satu pasang indukan Jalak Suren untuk berkembang biak. Kandang bisa dibuat dari tembok atau dengan bahan lain seperti perpaduan dari eternit sebagai pembatas atau sekat antar kandang, kayu dan kawat ram.

Konsep Pembuatan Kandang Penangkaran Jalak Suren

Pada lantai kandang diberi pasir dan juga tempat air untuk Jalak Suren mandi. Tujuan diberi pasir karena adakalanya burung akan mematuk dan menelan beberapa butir pasir.

Konsep Pembuatan Kandang Penangkaran Jalak Suren

Ada tiga buah pintu pada bagian depan kandang. Pintu-pintu tersebut mempunyai fungsinya masing-masing seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini. Pintu dengan nomor 1 digunakan untuk anda masuk ke dalam kandang misalkan ingin menangkap induk burung Jalak Suren atau sekedar mengontrol telur. Pintu nomor 2 digunakan untuk menaruh dan mengambil tempat mandi Jalak Suren. Pintu nomor 3 digunakan untuk menambah atau mengganti makanan dan minuman burung Jalak.

Konsep Pembuatan Kandang Penangkaran Jalak Suren

Membuat kotak tempat Jalak Suren bertelur
Dalam sebuah kandang penangkaran tentunya dibutuhkan kotak tempat untuk burung bertelur dan mengeraminya. Karena itu anda perlu untuk membuatkan dan meletakkannya di dalam kandang. Ukuran kotak untuk burung bertelur bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Konsep Pembuatan Kandang Penangkaran Jalak Suren

Di dalam kotak untuk bertelur burung Jalak Suren diberi bahan sarang menggunakan bahan seperti sabut kelapa, jerami atau rumput-rumputan kering.


Komentar Anda :

 
Back To Top