WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membersihkan Telinga


Mungkin tak banyak orang yang tahu kalau kotoran telinga sesungguhnya mempunyai fungsi melindungi telinga dari bakteri terutama pada gendang telinga. Menjaga kebersihan telinga memanglah penting. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang keliru pada saat membersihkan telinga, misalnya menggunakan bulu ayam, cotton bud, kuku jari tangan, dan benda-benda lainnya.

Menurut asisten Klinis, Professor of Otolaryngology, Boris Chernobilsky, MD ia mengatakan bahwa gendang telinga dan tulang kecil yang ada di dalam telinga yang disebut dengan ossicles mudah sekali rusak. Jika sampai rusak, cara untuk memperbaikinya perlu dilakukan proses pembedahan. Kerusakan ossicles bisa mengakibatkan kebocoran cairan telinga bagian dalam, yang dapat mengakibatkan vertigo parah serta kehilangan pendengaran secara permanen. Begitu juga dengan kulit saluran telinga yang sangat tipis dan mudah terluka. Jika kulit rusak, maka telinga berisiko infeksi dan menyebabkan sakit tak terhingga.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membersihkan Telinga

Karena itu, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membersihkan telinga. Berikut contoh dari kesalahan ketika membersihkan telinga yang barangkali masih anda lakukan.

Membersihkan telinga secara teratur
Menurut Boris, kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya ketika rahang bergerak, misalnya pada saat bicara atau ketika mulut sedang mengunyah. Sehingga, anda tidak perlu membersihkan telinga secara teratur. 
Kotoran telinga berwarna kekuningan yang dikenal dengan cerumen ibarat losion kulit alami yang dapat melindungi kulit saluran telinga dan mencegah telinga dari kemasukan air. Cerumen juga mempunyai sifat membunuh beberapa jenis bakteri dan mencegah tumbuhnya jamur.

Menggunakan cotton bud
Selain kaku, bentuk cotton bud yang tumpul ternyata dapat merusak kulit, gendang telinga, dan juga ossicles. Ujung cotton bud justru akan mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam yang dapat menyebabkan kotoran tertahan di dalam. Resiko lain yang mungkin terjadi adalah ujung kapas dapat tertinggal dan menyumbat saluran telinga. 

Memasukkan benda runcing
Terkadang orang masih suka memasukkan benda-benda runcing penjepit rambut, jarum jahit, peniti, kunci, dan lainnya ke dalam telinga. Padahal sangat jelas sekali apa yang mereka lakukan justru dapat membahayakan telinga..

Melakukan erapi ear candle
Ear candle dilakukan menggunakan kertas berbentuk kerucut yang dimasukkan ke dalam telinga, kemudian diberi asap lilin melalui lubang satunya. Panas dari api menciptakan efek kedap udara sehingga bisa membersihkan kotoran telinga. Menurut Boris, tindakan seperti itu tidak efektif dan justru menimbulkan perforasi pada gendang telinga serta luka bakar.

Jadi, untuk membersihkan telinga dari kotoran yang menggangu sebaiknya gunakan cara yang aman dan tanpa mengambil resiko yang dapat membahayakan telinga. Anda dapat mencoba dengan bantuan baby oil. Cara menggunakannya, miringkan kepala ke samping kemudian masukkan beberapa tetes baby oil ke dalam telinga, lalu tahan beberapa menit. Setelah itu, miringkan lagi kepala ke arah berlawananletakkan untuk mengeluarkan cairan baby oil tadi. Lakukan hal yang sama pada telinga yang lain.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/2469206/5-kesalahan-membersihkan-kotoran-telinga


 
Back To Top