WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Hal-Hal Yang Perlu DIperhatikan Seputar Menyikat Gigi


Menyikat gigi adalah kegiatan yang tidak boleh dianggap sepele bagi siapa saja. Pada kenyataannya, banyak orang yang belum melakukan sikat gigi secara teratur seperti yang telah dianjurkan. Malas menyikat gigi mengakibatkan sisa makanan menempel pada permukaan gigi. Sisa makanan tersebut atau yang disebut dengan plak mengandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah gigi dan gusi.

Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 mencatat hanya sekitar 2,3% dari 73,6% orang yang menyikat gigi sesuai dengan rekomendasi dokter gigi. Akibatnya sakit gigi menduduki peringkat ke-6 yang sering menjadi keluhan masyarakat Indonesia.

Menyikat gigi idealnya adalah 2 - 3 kali dalam sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Yang demikian itu sudah cukup untuk menjaga kesehatan mulut. Apabila menyikat gigi dilakukan hanya sekali dalam sehari, dapat mengakibatkan infeksi pada jaringan penyangga gigi yang dapat mengakibatkan gusi mudah berdarah dan gigi mudah goyah. Begitulah yang disampaikan oleh drg Erny Carolita.


Hal-Hal Yang Perlu DIperhatikan Seputar Menyikat Gigi

Jangan abaikan gusi berdarah pada saat menyikat gigi

Gusi berdarah pada saat menggosok gigi bisa menjadi suatu pertanda adanya masalah pada gusi. Penyebabnya bisa jadi peradangan pada gusi, tanda awal munculnya plak kronis yang diakibatkan oleh bakteri dan karang gigi.

Hal ini tidak boleh diabaikan, karena penyakit gusi tidak hanya mempengaruhi kesehatan mulut, tetapi juga berdampak pada meningkatnya resiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Jadi, apabila anda sering mendapati gusi berdarah pada waktu menyikat gigi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Cara menyikat gigi yang benar

Terjadinya gusi berdarah saat menyikat gigi juga dimungkinkan akibat cara menyikat gigi yang tidak benar, atau penggunaan alat seperti sikat gigi yang tidak memenuhi standar kesehatan. Memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang kaku dan keras tidak akan membersihkan gigi. Selain tidak mampu menjangkau sele-sela pada gigi, bulu sikat yang kaku justru akan melukai gusi anda.

Cara menyikat gigi yang baik adalah dengan gerakan memutar atau vertikal, dan tidak perlu menggunakan tenaga yang berlebihan, untuk menghindari gusi terluka.

Selain memperhatikan cara menyikat gigi yang benar, memilih pasta gigi yang tepat juga penting. Semakin bervariasinya jenis pasta gigi yang ditawarkan, semakin banyak pilihan yang dapat anda tentukan. Namun yang terpenting adalah disesuaikan dengan kebutuhan anda. Lagi-lagi silahkan konsultasikan dengan dokter gigi anda :)


 
Back To Top