WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

1001 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan


Pernah mendengar nama beluntas? Beluntas adalah tanaman perdu dengan nama Latin Plucea indica. Tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi dapat mencapai tiga meter. Pada umumnya beluntas tumbuh secara liar, atau bisa juga ditanam sebagai tanaman pagar. Di daerah yang kering sekalipun beluntas dapat tumbuh dengan baik. Daunnya yang berwarna hijau dapat digunakan sebagai alternatif makanan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

1001 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Ada beberapa nama atau sebutan untuk beluntas menurut tempat tumbuhnya. Orang Sunda menyebutnya Baruntas. Di Jawa disebut dengan Luntas saja. Masyarakat Madura menamainya dengan Baluntas. Di Makasar disebut Lamutasa. Di luar negeri contohnya Cina disebut dengan Luan Yi. Phatpai di Vietnam, dan di Inggris dikenal dengan nama Marsh fleabane. (Sumber Wikipedia).

Tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tanaman beluntas ini. Bahkan di beberapa tempat, beluntas hanya digunakan sebagai pakan ternak saja. Daun beluntas mengandung Alkaloid, tannin, natrium, magnesium, minyak atsiri, dan juga flavonoid yang bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan pada anak-anak, mengatasi nyeri rematik, dan juga terbukti mampu menghilangkan bau badan. Daun beluntas dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau disayur. Kadar minyak atsiri daun beluntas dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureusPseudomonas aeruginosa, dan pada kadar tertentu dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli.

Bakteri Stapylococcus aureus dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan, infeksi tulang dan sendi, infeksi kardiovaskular, dan infeksi pembuluh darah. Sedangkan bakteri Pseudomonas aeruginosa dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran pernafasan bawah, infeksi pada mata, kulit, dan infeksi telinga.

Beberapa manfaat lain dari daun beluntas diantaranya adalah:

Menghilangkan rasa nyeri saat hiad (menstruasi)
Pada wanita yang sedang mengalami haid sebaiknya mengkonsumsi daun beluntas dengan cara meminum air perasan dari beberapa lembar daun beluntas selama haid berlangsung.

Mencegah keputihan

Keputihan merupakan masalah yang sering dialami oleh wanita. Tapi tidak perlu kuatir karena keputihan dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun beluntas setiap hari.

Menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya
Bagi yang suka dengan daun pepaya tapi tidak suka dengan rasa pahitnya, maka dapat menggunakan daun beluntas sebagai alternatifnya. Caranya daun beluntas dan daun pepaya direbus bersamaan dalam satu wadah.

Menghilangkan rasa pegal linu
Apabila seluruh badan terasa sakit dan linu-linu, maka atasi dengan daun beluntas dengan cara merebus daunnya dan minum air rebusannya tiga kali dalam sehari maka pegal linu yang anda rasakan akan berkurang.

Mengatasi perut kembung
Perut kembung terjadi karena terdapat gas berlebih pada saluran pencernaan sehingga membuat perut terasa tidak nyaman. Cara mengatasi perut kembung adalah dengan mengambil beberapa lembar daun beluntas kemudian rebus hingga mendidih, saring air rebusannya lalu diminum selagi hangat.

Mengobati TBC
TBC atau Tuberkulosis di sebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran pernafasan. Pada stadium tertentu bisa menyebabkan batuk berdarah. TBC dapat menular pada orang lain melalui udara. Untuk itu TBC harus segera diobati. Dengan meminum air rebusan daun beluntas rutin setiap hari, diharapkan mampu mengobati penderita TBC hingga sembuh.

Selain penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun beluntas secara rutin. Karena itu tidak salah apabila di dalam tumbuhan beluntas terkandung 1001 manfaat untuk kesehatan tubuh.


Komentar Anda :

 
Back To Top