WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Memperlakukan Kangkung Sebelum Dimasak


Kangkung merupakan sayuran yang banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Rasanya yang khas dan sedikit renyah membuat banyak orang yang menyukai sayuran ini. Bermacam-macam olahan dapat dibuat menggunakan bahan dasar kangkung, diantaranya adalah tumis, urap dan pecel. 

Ada dua jenis kangkung yang diketahui secara umum, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Seperti namanya, kangkung darat biasanya ditanam di daratan dengan kondisi tanah cenderung kering. Ciri-ciri kangkung darat antara lain daunnya memanjang dan runcing di bagian ujung, dengan warna hijau keputih-putihan, dan mempunyai bunga berwarna putih.
Sedangkan kangkung air biasanya tumbuh di daerah dengan air yang menggenang seperti di rawa dan persawahan. Daun kangkung air lebih pendek dengan ujung tumpul. Bunganya agak kekuning-kuningan dan ada juga yang berwarna putih kemerah-merahan.

Beberapa waktu yang lalu muncul isu yang menghebohkan mengenai kangkung. Isu yang disebarkan melalui media sosial seperti Facebook, BBM, dan Wahtsapp. Dikabarkan bahwa seorang pemuda asal Solo yang mengalami diare dan tak mau makan, dan hanya minum susu saja, namun selalu muntah. Saat diperiksa dokter dan dilakukan pemeriksaan menggunakan sinar-X, di sana ditemukan lintah di dalam perut pemuda tersebut dan telah berkembang biak. Dikatakan, sebelum diare pemuda itu sempat makan tumis kangkung, dan lintah itu masuk ke dalam perut karena bersembunyi di batang kangkung yang dimakannya.


Tentu saja berita di atas adalah sebuah kebohongan belaka. Namun, ada baiknya sebelum memasak kangkung hendaknya dicuci dengan bersih agar segala macam parasit yang mungkin terbawa pada saat memanen tidak ikut terkonsumsi. Meskipun bukan lintah seperti yang ada dicerita di atas, tapi kenyataannya pada batang kangkung terdapat makhluk hidup yang tinggal di sana. Bentuknya seperti ulat dan mempunyai ekor yang lebih panjang dari tubuhnya. Selang beberapa hari makhluk itu akan berubah menjadi ulat kecil dengan warna hitam.

Karena itu, sebelum memasak kangkung sebaiknya benar-benar diperhatikan terutama pada saat mencuci. Apabila batang kangkung ingin dimasak juga, sebaiknya batang tersebut dipecah terlebih dahulu kemudian direndam di dalam air yang sudah dicampur dengan garam. Diamkan beberapa menit baru kemudian di cuci menggunakan air yang mengalir. Perlakuan demikian diharapkan dapat menghilangkan parasit yang terdapat pada kangkung terutama di bagian yang tidak terlihat.

Demikian sebaiknya kita memperlakukan sayur kangkung sebelum di masak, dengan selalu menjaga kebersihan bahan makanan sebelum kita masak.


2 komentar

aku paling demen tuh tumis kangkung, tambah tempe goreng dah

Kalau ditempatku namanya kangkung potong dan kangkung akar.
Memang harus dicuci dengan seksama, karena umumnya kedua kangkung itu menggunakan air got atau comberan saat menanam atau saat dipanen.

Komentar Anda :

 
Back To Top