WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membedakan Anak Ayam Hutan Dengan Anak Burung Puyuh


Mungkin tips yang akan saya berikan kali ini tidak begitu penting. Namun saya merasa harus membagikannya, agar anda terhindar dari tindak penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penipuan yang saya maksud adalah penipuan yang dilakukan oleh pedagang curang yang kebanyakan ada di angkutan umum seperti bus antar kota. Biasanya oknum pedagang nakal tersebut membawa anakan burung puyuh yang baru berumur 0 - 5 hari, dan menawarkannya kepada penumpang sebagai anakan ayam hutan dengan harga lebih murah dibanding harga normal. Bagi mereka yang tidak tahu dengan ciri-ciri anak ayam hutan pastinya akan tertarik dan langsung membelinya.

Cara Membedakan Anak Ayam Hutan Dengan Anak Burung Puyuh

Trik harga murah, diskon dan obral terbukti mampu menyihir orang yang tadinya tidak berniat membeli sesuatu menjadi tertarik dan kemudian mengeluarkan uangnya untuk mendapatkan barang yang ditawarkan. Tidak terkecuali dengan trik menjual anak burung puyuh di angkutan umum ini. Hal semacam ini sangatlah merugikan, karena hewan yang dianggap anak ayam hutan ternyata adlah anak burung puyuh. Masih untung kalau anak burung puyuhnya betina, karena bisa menghasilkan telur nantinya. Sedangkan anak burung puyuh yang dibawa pedagang curang adalah anak burung puyuh berjenis kelamin jantan. Bagi peternak, anak burung puyuh jantan tidak akan dibesarkan kecuali hanya beberapa ekor untuk dijadikan bibit. Begitu selesai disortir, anak burung puyuh jantan akan dipisahkan untuk dibuang atau dilepas. Kadang ada yang diminta oleh orang untuk beberapa keperluan secara gratis (di tempat saya gratis). Mungkin dari sini ide negatif untuk mengelabuhi orang demi mendapat keuntungan itu muncul.


Dilihat dari bentuk fisiknya, antara anak ayam hutan dan anak burung puyuh memang sangat mirip, terutama pada corak bulunya. Anak ayam hutan dan anak burung puyuh sama-sama memiliki corak bulu bergaris-garis dengan kombinasi warna gelap dan terang. Akan tetapi ada satu hal yang dapat membedakan dari keduanya, yaitu pada ukuran tubuhnya. Anak ayam hutan mempunyai tubuh yang lebih besar dibanding dengan anak burung puyuh. Warna kaki anak ayam hutann cenderung gelap kehijauan, sedangkan kaki anak burung puyuh tidak.

Pada saat umur di bawah satu minggu memang tidak banyak perbedaan yang terlihat antara anak ayam hutan dengan anak burung puyuh. Agar terhindar dari segala bentuk penipuan, lebih baik apabila hendak membeli anak ayam hutan sebaiknya dilakukan di tempat yang sudah terpercaya agar terbukti keasliannya.


3 komentar

Pernah beli bibit puyuh 2 kotak ehh mati semua :v

Pantes mas, rasa telurnya agak beda waktu pengalaman beli telur puyuh di pinggir jalan.

wah jika belum ada yang tahu perbedaan burung puyuh dan anak ayam hutan keterlaluan amat. Bisa menjadi mangsa pedagang curang. Jangan tergiur harga murah.

Komentar Anda :

 
Back To Top