WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

UNESCO Tetapkan Ciletuh sebagai Geopark Nasional


Wisata taman alam (Geopark) batuan tua Ciletuh yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat telah mendapatkan sertifikat sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian ESDM karena dinilai sudah memenuhi persyaratan untuk sebuah taman alam atau geopark. antara lain karena Ciletuh memiliki keragaman fenomena geologi, keragaman biologi, dan juga keragaman budaya. Pengukuhan Ciletuh sebagai geopark dilakukan berdasarkan standar geopark yang diterbitkan oleh UNESCO. Hasilnya, Ciletuh pun layak ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Bahkan Ciletuh bisa menjadi Global Geopark atau Geopark Internasional pada tahun 2017 mendatang setelah dokumennya diserahkan kepada Global Geopark Network. 

UNESCO Tetapkan Ciletuh sebagai Geopark Nasional

Transportasi merupakan salah satu sektor yang akan dikembangkan di sekitar kawasan Ciletuh, selain pemberdayaan masyarakat sekitar, dan juga pembenahan serta pengelolaan kawasan tersebut. Pemerintah Propinsi Jawa Barat akan memperkenalkan Geopark Ciletuh kepada dunia melalui forum Global Geoparks Network  Jepang, tepatnya di Osaka pada tanggal 15 September 2017 yang akan datang. Apabila dunia mengakui kawasan Geopark Nasional Ciletuh pada tahun 2017 nanti, maka Geopark ini dapat menjadi taman rekreasi dan penelitian, sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Ciletuh. Karena itu, Pemerintah Propinsi Jawa Barat akan terus berupaya agar wilayah Ciletuh tetap terjaga dengan baik. Bahkan, Pemprov akan membeli kawasan yang menentukan keselamatan keanekaragaman hayati di Ciletuh untuk dihutankan.

Prof. Guy Martini, pakar geopark UNESCO mengatakan, saat ini di Indonesia baru ada Gunung Batur di Bali dan Geopark Gunung Sewu yang menjadi Global Geopark. Menurutnya, Ciletuh mempunyai potensi menjadi Geopark Internasional yang ketiga di Indonesia. Martini telah mengunjungi banyak geopark di dunia, tapi baru sekarang ada geopark, yaitu Geopark Ciletuh, yang didukung penuh oleh perusahaan BUMN.

Sumber : http://www.voaindonesia.com/content/unesco-kukuhkan-ciletuh-sebagai-geopark-nasional/3120599.html


1 komentar:

Alhamdulillah sudah di tetapkan milik Indonesia, jadi sudah jadi hak milik sepenuhnya Indonesia ini kang hehe :D

Komentar Anda :

 
Back To Top