WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Manfaat Lain Dari Pati (Tepung Kanji) Yang Perlu Anda Ketahui


Pati atau tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari sari pati singkong yang diambil dengan cara diparut kemudian diendapkan kemudian dikeringkan. Tepung ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan makanan seperti kerupuk. Sifat tepung kanji cenderung lengket, karena itu, selain diolah menjadi makanan tepung kanji juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perekat alami layaknya lem.

Namun sudah tahukah anda, bahwa tepung kanji juga mempunyai kegunaan lain yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk cara menggunakannya juga terbilang cukup mudah. Diantara manfaat-manfaat tersebut adalah :


Manfaat Lain Dari Pati (Tepung Kanji) Yang Perlu Anda Ketahui

1. Mengatasi rambut lepek (berminyak)
Tepung kanji dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut yang lepek akibat berminyak, yang dapat mengganggu penampilan anda.
Caranya : Ambil sedikit tepung kanji, taburkan pada rambut yang lepek. Sisir rambut hingga tepung menghilang dan tak terlihat lagi.

2. Menghaluskan kulit wajah
Memiliki kulit wajah yang halus tentu merupakan dambaan setiap orang, terutama wanita. Kulit bersih dan halus juga dapat menekan tumbuhnya jerawat. Untuk perawatannya tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk ke salon atau pusat kecantikan, karena dari rumah juga bisa dengan memanfaatkan bahan yang ada di dapur, yaitu tepung kanji.
Caranya : Ambil 2 sendok makan tepung kanji, 1 sendok makan yoghurt, dan sedikit kunyit, lalu gunakan sebagai masker wajah. Biarkan masker mengering setelah kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan pada malam hari sebelum tidur secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Membersihkan kaca
Noda debu pada kaca lama kelamaan akan menjadi sulit dihilangkan, yang akan membuat kaca menjadi keruh. Tepung kanji ternyata mampu membuat kaca yang buram menjadi jernih kembali.
Caranya : Campurkan tepung kanji, sari jeruk nipis, dan sedikit cuka dengan air bersih secukupnya. Semprotkan pada kaca, kemudian lap dengan kain halus

4. Menghilangkan noda oli di lantai dan karpet
Jika ada noda bekas oli di lantai atau di karpet yang sulit untuk dihilangkan, anda bisa mencoba membersihkannya dengan bantuan tepung kanji.
Caranya : Taburkan tepung kanji pada noda bekas oli yang ada di lantai ataupun di karpet rumah anda, tunggu beberapa saat kemudian bersihkan dengan lap basah. Cara seperti ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian.

5. Membuat kinclong barang yang terbuat dari perak
Punya barang yang terbuat dari perak dan sudah pudar karena termakan usia? Jangan kuatir, anda bisa membuat barang kesayangan anda kembali berkilau seperti pertama kali anda beli, hanya dengan memanfaatkan tepung kanji.
Caranya : Siapkan tepung kanji, cuka, dan garam lalu campurkan semua bahan dengan air bersih hingga semuanya larut. Gunakan air larutan tadi untuk membersihkan barang yang terbuat dari perak dan lihat hasilnya.

Nah, itulah beberapa manfaat lain dari tepung kanji atau pati yang dapat anda terapkan. Mungkin anda ingin mencobanya dirumah :)


4 komentar

Biasanya aku buat tepung kanji kalo bikin pentol...hehehe

wah...yang punya dede baru :D

Tepung kanji bisa untuk masker ? sudah teruji secara klinis ?

kurang tau juga mas, tapi sepertinya aman. Karena tepung kanji kan terbuat dari bahan alami yang diproses secara alami juga.

Komentar Anda :

 
Back To Top