WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Media Tanam Sekam Bakar Yang Benar


Sekam atau kulit padi merupakan bahan sisa yang ternyata mempunyai banyak manfaat. Selain digunakan sebagai bahan bakar alternatif, sekam bakar juga banyak digunakan sebagai media tanam untuk menanam tumbuhan di dalam pot seperti bunga dan tanaman lain. Pemilihan sekam padi sebagai media tanam bukan tanpa alasan. Sekam bakar mempunyai kemampuan mengikat unsur nitrogen, fospor, dan kalium atau NPK yang ada di dalam tanah. Selain itu sekam berfungsi menggemburkan tanah sehingga mempermudah akar tanaman menjalar dan menyerap unsur hara di dalamnya.

Hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik di media sekam bakar. Keuntungan menggunakan sekam lainnya adalah lebih steril, memiliki banyak unsur hara karena sekam adalah bahan organik dan merupakan kompos bagi tanah, ringan sehingga dapat dengan mudah dipindah-pindah. Namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik sebaiknya sekam bakar dicampur dengan media lain seperti tanah dan kompos, kecuali penanaman dengan sistem hidroponik.

Sekam bakar bisa didapatkan dengan cara membeli di toko atau tempat yang menyediakan bahan keperluan pertanian. Tapi kalau ingin membuatnya sendiri juga bisa. Asal langkah-langkah di dalam proses pembuatan sekam bakarnya benar, maka akan didapatkan hasil yang baik. Karena dalam pelaksanaannya membuat sekam bakar ini tergolong gampang-gampang susah. Jika anda tertarik untuk membuat sekam bakar sendiri, silahkan simak caranya di bawah ini.

Cara Membuat Media Tanam Sekam Bakar Yang Benar

Siapkan bahan utama yaitu sekam padi. Sekam padi bisa diperoleh di tempat penggilingan padi atau rice mill. Selain bahan utama, persiapkan juga alat pendukung berupa silinder yang nanti digunakan sebagai tungku tempat menyalakan api dan juga cerobong untuk tempat keluarnya asap, seperti yang terlihat pada gambar skema di atas. Pada silinder tungku api (ukuran besar), sekelilingnya diberi lubang sebagai keluarnya panas yang berfungsi untuk membakar sekam. Dapat memanfaatkan dandang bekas atau drum bekas. Sedangkan silinder untuk cerobong bisa dibuat dari seng yang dibentuk menjadi cerobong, lalu kemudian kedua silinder disatukan.

Cara membuat sekam bakar (arang sekam).

  • Taruh bahan yang mudah terbakar dari jenis dedaunan kering atau kertas yang sudah tak terpakai, atau lebih bagus lagi kalau menggunakan sabut dan batok kelapa. Letakkan pada satu titik kemudian nyalakan api untuk membakarnya.
  • Setelah api menyala, segera tutup dengan susunan silinder.
  • Taburkan sekam padi mengelilingi tungku hingga mengerucut dan menutupi silinder bawah. Sekam akan terbakar sedikit demi sedikit hingga semua akan berubah menjadi arang.
  • Apabila sudah semuanya terbakar, segera siram sekam dengan air menggunakan gembos agar sekam tidak menjadi abu.
  • Sekam bakar siap digunakan

Sekam bakar atau arang sekam selain digunakan untuk keperluan sendiri juga dapat dikemas dan dijual. Sehingga dapat menjadi peluang usaha kecil-kecilan di rumah untuk menambah pemasukan di luar penghasilan tetap.


Komentar Anda :

 
Back To Top