WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Kambing Agar Cepat Gemuk


Memelihara kambing dapat mendatangkan beberapa manfaat sekaligus. Diantaranya adalah kambing dapat diambil dagingnya, air susunya, dan juga kotorannya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Harga jual kambing yang terus naik dari waktu ke waktu juga memberikan nilai lebih tersendiri bagi peternak. Apalagi menjelang hari raya kurban, kambing selalu menjadi primadona bagi orang yang ingin melaksanakan kurban selain sapi.

Cara Membuat Kambing Agar Cepat Gemuk

Supaya harga jual kambing semakin tinggi tentu saja kambing harus terlihat sehat dan gemuk. Karena itu ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan agar kambing menjadi gemuk sesuai yang diinginkan. Salah satu faktor utama yang menentukan tingkat keberhasilannya adalah pakan.

Pemberian secara teratur dan berimbang dapat mempercepat kambing menjadi gemuk. Ada dua jenis pakan yang direkondasikan, yaitu jenis pakan hijauan, yaitu pakan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya daun kleresede atau daun gamal, daun nangka, rumput gajah, serta rerumputan lainnya. Dan pakan konsentrat yang terbuat dari bahan alami berupa tepung kedelai, kulit kedelai, tepung kulit kacang tanah, tepung tongkol jagung.

Perbandingan antara konsentrat dan hijauan adalah 70% : 30%. Sebaiknya pakan konsentrat diberikan terlebih dahulu sebelum kambing diberi pakan dari hijauan, pada pagi dan sore hari. Disamping itu air harus selalu tersedia setiap saat. Apabila hal tersebut dilakukan secara rutin dan terus-menerus, maka kambing akan menjadi cepat gemuk.

Kelebihan menggunakan pakan alami yaitu lebih murah dan mudah didapat.

Selamat mencoba !


5 komentar

bisa juga dipompa pake udara kang hehe

asal jangan diglonggong, kasihan...

Rumput gajah, itu umumnya dikampungku. Ditambah dedak yang dicampurin garam.

Kalau soal glonggong bukan rahasia lagi. Pasti semua hampir melakukan hal seperti itu.

ber itu kang, dulu saya pernah bisnis penggemukan kambing pakai fermentasi dari daun dan kulit kulit umbi n kacang2an. hasilnya lumayan, 3 bln dah gemuk n bisa dijual. tapi yaitu, bahan fermentasi makanan kambing adanya musim musiman. kalau ga musim kita ga dpt. so protein kurang, kambing ga gemuk... akhirnya kambingnya makan duit n terlambat gemuk hehehe

Komentar Anda :

 
Back To Top