WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Sambut Musim Hujan Dengan Menanam Pohon Sengon


Musim kemarau sebentar lagi akan berganti dengan musim penghujan. Rumput-rumput sudah mulai tumbuh menutupi bekas tanah yang kering dan berdebu. Nah, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mulai mengolah kebun yang hanya dapat ditanami ketika musim penghujan tiba. 

Bagi anda yang mempunyai lahan tak terurus, daripada nanti hanya ditumbuhi rumput liar, lebih baik dimanfaatkan untuk ditanami pohon yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dipanen dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Albasia atau pohon sengon dapat menjadi pilihannya. Kayu dari pohon sengon sekarang cukup laku dan banyak diminati oleh masyarakat, dengan harga yang bersaing. Pohon dengan diameter 15 cm saja sudah dapat dijual, dan untuk mencapai ukuran itu hanya dibutuhkan waktu kurang lebih hanya 3 tahun setelah tanam (tergantung kondisi tanah). Itu artinya, anda sudah dapat menikmati hasil tanpa perlu menunggu waktu terlalu lama. 

Sambut Musim Hujan Dengan Menanam Pohon Sengon

Biasanya, awal musim hujan seperti ini banyak sekali dijumpai para penjual bibit tanaman ini. Mereka berjejer di pinggir-pinggir jalan, bahkan ada yang keliling menggunakan mobil pick-up masuk ke desa-desa untuk ditawarkan kepada penduduk.

Cara menanam bibit pohon sengon tidak susah, seperti menanam bibit pohon yang lain. Yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon sengon adalah pada saat pemilihan bibit. Jangan memilih bibit pohon sengon yang sudah tinggi. Bibit yang masih muda lebih bagus pertumbuhannya karena lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Bibit pohon sengon yang sudah ditanam juga harus dipupuk agar tumbuh subur. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk buatan pabrik. Takarannya dikira-kira saja.

Perawatan dapat dilakukan dengan penyiangan rumput yang ada di sekitar pohon yang ditanam, terutama rumput yang merambat karena dapat membelit pohon dan membuat pertumbuhan pohon terganggu. Penyemprotan insectisida juga dibutuhkan untuk mencegah pucuk pohon sengon dimakan ulat yang nantinya membuat pohon sengon akhirnya mati. 


9 komentar

kalau ditempat Saya kalau musim hujan datang biasanya hampir setiap warga yang punya lahan menanam albasia sama jagung, Oya emang disitu baru masuk musim hujan yia Bos?

masih lumayan susah juga tuh mas ngrawatnya, ohya kira-kira berapa harga bibit pohon sengon ini?

nggak susah-susah banget mas, kalau sudah agak besar dibiarin saja tumbuh sendiri. yang penting rumput disekitar pohon dibabat bersih.
kalau harga yang seperti di gambar itu sekitar 1500 rupiah. murah banget kan? siapa tau nanti setelah 5 tahun laku 1,5 juta :D

iya nih mas, hujan baru mulai turun. tapi belum setiap hari turun

pengen banget tanam sengon mas..
tapi kebun lokasinya jauh sekali dari rumah saya sekarang..
padahal pengen itu jadi petani mapan..
hehehehe..

kalau gitu, pake jasa orang saja mas

beres kang ucup,, bantu2 ntar nanam pohonnya pas main ke batang :D

kayu sengon sekarang lagi naik daun. karena harga terjangkau dan kualitasnya kayunya juga bagus...kayaknya bisa dijadikan prospek kerja masa depan gan. apa lagi di kalimantan tanahnya masih sangat luas, tinggal cari kawan yang punya lahan aja kali ya? ok makasih pencerahannya. dapati inspirasi kerja dari sini.

tuh tanaman kayaknya memang bagus ditanah lembab, jadi gak perlu menunggu musim hujan kali ya, bukan begitu mas?

Komentar Anda :

 
Back To Top