WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Resep Alami Pencegah Penyakit Pada Burung Puyuh


Sama seperti unggas lainnya, burung puyuh juga rentan terhadap penyakit. Baik itu yang disebabkan oleh virus, atau karena pengaruh cuaca. Beberapa penyakit yang sering menjangkiti burung puyuh diantaranya adalah Pullorum atau berak kapur, berak hijau, cacingan, tidak nafsu makan dan mengantuk. Dalam keadaan terkena penyakit seperti itu tentu akan mempengaruhi jumlah produksi telur yang dihasilkan. Oleh karena itu, sedini mungkin peternak harus mengantisipasinya dengan tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit tersebut di atas.

Tindakan pencegahan yang dimaksud dapat diberikan dengan cara peberian vaksin secara berkala kepada burung puyuh, atau bisa juga menggunakan cara tradisional dengan memberikan ramuan dari campuran dari beberapa bahan alami yang kemudian diberikan pada burung puyuh dalam bentuk minuman. 

Resep Alami Untuk Mengobati Penyakit Pada Burung Puyuh

Berikut ini resep dari bahan herbal yang dapat anda coba praktekkan:

Bahan-bahan :
200 gram kencur
300 gram temu lawak
200 gram temu ireng (temu hitam)
400 gram kunyit
100 gram daun sirih
500 gram gula aren

Cara membuat ramuan :
Haluskan semua ramuan di atas (dapat menggunakan bantuan blender), kemudian rebus dengan 5 liter air bersih hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan agar uapnya hilang dan air tidak terasa panas lagi.

Cara pemberian:
Sebelum diberikan kepada burung puyuh, sebaiknya burung puyuh tidak diberi minum selama 2 sampai 3 jam sebelumnya. Tujuannya agar ramuan herbal tersebut dapat diserap dengan baik oleh tubuh burung puyuh. Pemberian ramuan herbal tadi dapat dilakukan satu kali dalam seminggu.

Takaran di atas diberikan untuk 1000 ekor burung puyuh.

Selamat mencoba !


2 komentar

Kalau ditempatku umumnya karena pengaruh cuaca. Mati satu nanti yang lain ikut mati pula.

iya bener mas, di tempat saya juga pernah mengalami, dalam sehari mati sampai 100 ekor

Komentar Anda :

 
Back To Top