WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Peluang Bisnis Lukisan Cantik Dari Kayu


Kerajinan khas Bali dari kayu di Indonesia memiliki ragam jenis dari Sabang sampai Merauke. Hal ini erat kaitannya dengan khasanah dan kreasi dari para perajin Indonesia seperti seniman Bali dan Jawa, mereka adalah jembatan dalam menemukan beraneka ragam kerajinan kayu khas daerah-daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari bermacam variasi sehingga buat para konsumen yang kebanyakan adalah turis mancanegara merupakan pilihan menarik untuk dibeli. 

Perkembangan selanjutnya adalah kerajinan kayu Indonesia berkembang pesat menjadi salah satu peluang bisnis online yang jika anda cermat mengamati akan memberikan prospek cukup cerah karena mudah dalam memunculkan ide-ide kreatif tentang mengolah kayu biasa menjadi produk kerajinan kayu yang memiliki nilai seni tinggi sehingga layak jual dan usahakan mempunyai kekhasan dan ciri dari masing-masing daerah yang menghasilkan.

Masing-masing kerajinan kayu yang tersebar di Indonesia adalah berasal dari kota-kota yang cukup terkenal sebagai kota wisata seperti pulau Bali. Kerajinan kayu yang dihasilkan terdiri dari banyak ragam serta mempunyai keunikan tersendiri sesuai dengan latarbelakang tempat cenderamata tersebut dibuat seperti Bali terkenal sebagai pulau dengan seribu satu jenis patung-patung unik seperti topeng kayu, burung garuda yang disertai ukiran-ukiran cantik berupa bunga-bunga tunjung dan lilitan ular naga, sementara produk yang dihasilkan dari luar Bali juga memiliki bentuk tersendiri. 

Hasil Karya Seni Dari Kayu

Aneka bisnis kerajinan di Bali yang terbuat dari kayu pada umumnya dibagi ke dalam dua kategori yaitu kerajinan kayu dalam ukuran besar dan kerajinan kayu berupa pernak-pernik lucu dan cantik. Dalam skala besar yang saat ini sedang tren, beberapa perajin Bali memproduksi aneka bisnis kerajinan di Bali berupa karya seni lukisan dari kayu yang banyak dijumpai pada Art Shop pasar Sukawati di Gianyar.

Latar belakang munculnya karya seni ini adalah dari Rusia pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat luas oleh seorang pemahat kayu profesional bernama Kronid Gogolev. Karya-karya beliau banyak mendapat penggemar karena disamping memperhatikan nilai seni dari lukisan yang dipahat juga sarat akan pesan tentang interaksi yang erat antara manusia dan alam bebas di sekitarnya. Saat ini karya-karya yang menyerupai lukisan asli Kronid Gogolev banyak dibuat oleh pengusaha souvenir dari luar Rusia seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Finlandia dan Swedia.

Peluang Bisnis Lukisan Cantik Dari Kayu
Kronid Gogolev

Seperti halnya Kronid Gogolev, beberapa pemuda asli dari kota Gianyar Bali juga mahir dalam mencoret-coret media sehingga menjadi sebuah karya seni lukis yang cukup menarik untuk dinikmati. Mereka hanya berbekal ketekunan, ketelatenan, dan pengasahan cita rasa serta hobi atau kegemaran, sudah mampu menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan layak jual. Selain memakai media berupa kertas dan kanvas, beberapa lukisan mereka berkembang menjadi aneka bisnis kerajinan di Bali berupa kerajinan cenderamata lukisan dari kayu yang memiliki nilai ekonomis lebih mahal dibandingkan dengan jenis lukisan biasa.

Aneka bentuk kerajinan kayu lukis tersebut adalah boneka, kotak perhiasan, asbak, tempat tusuk gigi, mangkuk, topeng, dan patung. Proses pembuatannya relatif panjang dan cukup sulit untuk dikerjakan oleh pemula.

Secara ringkas bisa kami bantu penggambarannya yaitu kayu berdiameter 8 sampai 15 cm  dipotong terlebih dahulu dengan rapi, dikupas kulit luarnya, kemudian siap dibentuk dengan memakai peralatan yang profesional seperti mesin bubut, selanjutnya proses pendempulan untuk menutup pori-pori kayu adalah tahap awal pembuatan kerajinan kayu lukis. 

Setelah proses pendempulan selesai, dengan kuas dan perlengkapan melukis lainnya, para perajin mulai melukis objek tertentu di atas kayu-kayu tersebut. Cat yang dipakai adalah dari jenis cat tembok dan akrilik. Namun hasil yang sempurna tidak berasal dari cat yang anda pakai melainkan dibutuhkan ketelatenan dan keterampilan khusus. Tahap akhir adalah finishing sebelum siap dipasarkan ke Art Shop. Untuk motif, pada umumnya beberapa pengusaha tersebut memilih motif tradisional dan alam di pulau Dewata seperti melukis wayang, bunga dan dedaunan dengan pilihan warna-warna cerah. Tapi tidak menutup kemungkinan beberapa pengusaha kecil melayani motif (bahkan bentuk) sesuai dengan permintaan konsumen. 

Peluang Bisnis Lukisan Cantik Dari Kayu
Sumber gambar : tribudragon.files.wordpress.com/2014/06/4-bali-pintu-21.jpg

Target pasar adalah toko-toko cenderamata atau Art Shop di kawasan wisata pulau Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Batam dan Bandung. Untuk pasar luar negeri, produk jenis ini digemari oleh turis Korea, Jepang, dan Singapura. Beberapa rumah produksi di Gianyar mampu memproduksi cenderamata sekitar 200 buah oleh bagian tenaga produksi yang berjumlah sekitar 20 orang. Namun aneka bisnis kerajinan di Bali seperti ini bukannya tanpa kendala, beberapa produk sejenis dari Cina pada even-even tertentu seperti Natal dan tahun baru membanjiri pasaran cenderamata di Bali dengan kualitas bagus dan harga lebih murah, secara kuantitas berpengaruh terhadap produksi dalam negeri yang pernah mengalami penurunan omset produksi apalagi ditambah kenaikan harga bahan bakar minyak menyebabkan omset penjualan juga menurun sekitar Rp. 40 juta per bulan menjadi Rp. 15 juta per bulan (tahun 2013). 

Jenis-Jenis Kayu Yang Bagus Buat Karya Seni

Seperti nama yang diberikan terhadap aneka bisnis kerajinan di Bali berupa lukisan cantik dari kayu, bahan dasar yang digunakan adalah dari bahan-bahan kayu. Secara garis besar ada dua jenis kayu yang sering dipakai buat berkarya yaitu kayu alami dan kayu buatan atau modifikasi bahan kayu dengan bahan-bahan yang lainnya.

1). Jenis kayu alami seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling, kayu suren/surian, kayu sungkai, kayu bangkirai, kayu keruing, kayu bayur, kayu bintangur, kayu durian, kayu pulai, dan kayu ramin.

2). Jenis kayu buatan yaitu kayu plywood, tegofilm (MDF film), blockboard (papan blok), partikel (particle board), MDF (medium density fibreboard), softboard, milamin (papan milamin), polywood, poly ukir, pipa ovely, aluminium wood, gypsum, teak wood, teak block, pattern board, fancy plywood, dan bahan pelapis/finir.   

Keuntungan yang diperoleh dari para pengusaha dengan memakai jenis kayu buatan adalah sebagai berikut : menghemat pemakaian kayu alami, harga yang lebih murah, merupakan bahan yang bersifat stabilitas dimensi yang cukup baik terutama terhadap kembang susut dengan mengikuti arah yang memanjang dan melebar jauh lebih kecil, daya tahan lebih kuat terhadap belahan dan retak, memungkinkan pemakaian lembaran-lembaran papan dalam ukuran lebih besar, bersifat ringan seperti kayu lapis sehingga memudahkan dalam proses perlakuan kayu lapis pada pembuatan cenderamata yang diinginkan, dan efek nilai dekoratif yang cukup luas.

Peluang bisnis aksesoris lukisan cantik dari kayu merupakan salah satu wujud nyata dari aneka bisnis kerajinan di Bali sebagai usaha kecil mandiri dalam kategori bisnis online untuk kerajinan khas Bali adalah seni karya hidup, tumbuh dan mulai berkembang pada beberapa kawasan wisata di pulau Dewata dan beberapa tempat lain di Indonesia. Oleh karenanya, hasil karya seni ini cukup banyak dilirik untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu terapan seni karya yang memiliki prospek cukup cerah.


3 komentar

Pastinya jenis kayu jati yang lebih bernilai jika dibuat seni patung. Bali memang menyimpan segudang bakat jiwa seninya.

kalau memang jadi lebih hemat kayu, mending pakai kayu buatan yia Bos, asalkan hasil karya seninya juga tetap berkualitas

kalau memang jadi lebih hemat kayu, mending pakai kayu buatan yia Bos, asalkan hasil karya seninya juga tetap berkualitas

Komentar Anda :

 
Back To Top