WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Ubi Jalar, Obat Alami Untuk Menyembuhkan Tifus


Selama ini kita hanya memanfaatkan ubi jalar sebagai bahan makanan atau cemilan untuk mengganjal perut yang lapar saja. Itu karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yang terkandung di dalam ubi jalar. Namun sebenarnya ada manfaat lain yang lebih penting, terutama bagi kesehatan tubuh. Khususnya ubi jalar kuning, ternyata dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit tifus.

Tifus (Thypus) atau Tipes, terjadi karena tubuh terinfeksi bakteri Salmonella Typhi pada usus. Penyakit ini tidak hanya menyerang pada anak-anak saja, akan tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya. Penggunaan air yang tidak higienis dan sanitasi yang buruk adalah penyebab utama berkembangnya penyakit ini. Penyakit Tifus dapat menular dengan cara kontak langsung dengan penderita atau ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah terinfeksi. Tifus dapat mengancam jiwa apabila tidak ditangani secepatnya.

Ubi Jalar, Obat Alami Untuk Menyembuhkan Tifus

Gejala orang yang terkena Tifus yaitu terjadinya demam tinggi yang mencapai 39 - 40°C. Gejala tersebut muncul pada minggu pertama sampai minggu ketiga setelah tubuh terinfeksi.
Gejala lainnya berupa sakit kepala, sakit perut, mual, muntah dan diare.

Biasanya penyakit Tifus ditangani dengan pemberian antibiotik. Jika Tifus masih dalam tahap gejala, atau masih dalam stadium ringan, maka penderita dapat menjalani perawatan di rumah dengan pemberian antiobiotik selama satu hingga dua minggu.

Sebagai pencegahan, dianjurkan khususnya pada anak-anak agar mendapatkan vaksin tifoid sebagai tindakan pencegahan terjangkitnya penyakit Tifus. Vaksin tifoid diberikan pada anak di atas usia 2 tahun dan akan diulang setiap 3 tahun. Pada balita, imunisasi diberikan dalam bentuk suntik, dan pada anak yang sudah berusia 6 tahun ke atas dapat diberikan melalui mulut (diminum).

Selain pengobatan secara medis, anda juga dapat menerapkan cara tradisional menggunakan bahan alami berupa ubi jalar kuning. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

Siapkan 1 buah ubi jalar kuning ukuran sedang yang masih mentah.
Haluskan dengan blender dengan ditambahh sedikit air.
Peras dan saring untuk diambil sarinya, lalu diminum.
Lakukan langkah di atas 3x dalam sehari.
Dari pengalaman orang yang pernah melakukan hal di atas, dalam waktu 3 hari kondisi tubuhnya sudah terasa baikan.

Kalau sudah sembuh dari penyakit Tifus, tindakan yang harus dilakukan adalah mencegah agar Tifus tidak menyerang kembali, dengan melakukan hal-hal seperti:

Selalu makan makanan yang dimasak secara matang, dan bergizi.
Konsumsi makanan dan minuman yang terjaga kebersihannya.
Jaga selalu kebersihan alat makan serta kebersihan tangan.
Budayakan menuci tangan sebelum makan.
Istirahat yang cukup.

Catatan:
Tips di atas diambil dari beberapa sumber.

Semoga bermanfaat.


9 komentar

wah khasiat dr ubi jalar tnyata top juga ya...scara selama ini tdk pernah memperhatikan khasiatnya

saya baru tahu mas, kalo ternyata ubi jalar memiliki khasiat untuk mengobatipenyakit tiffu, dan pastinya lebih alami

selama ini mungkin kita hanya tau kadar karbohidratnya saja...tp ternyata manfaatnya bisa untuk menyembuhkan penyakit

wah baru tau nie mas,.?
padahal waktu ngekos saya punya temen yg kena peyakit tipus,.?
sempat sampai binggung gimn cara megatasinya,.,?

padahal yg tidak di duga menjadi obat yg sagat efektif,.?

ini pengalaman teman fb mbak, yang pernah menggunakan ramuan ini. pikir saya, mungkin kalau saya share ada manfaatnya, biarpun obat-obatan sudah dapat diperoleh dengan mudah, namun siapa tahu ada yang memilih mencoba alternatif lain :)

alternatif ini menurut saya sagat bermamfaat, tak ada salah nya kalo di coba?

Kalau dicampur dengan madu gimana ya...
Apakah akan mengurangi khasiatnya...
Terima kasih... :D

Kemarin - kemarin ponakan saya kena tipes,,udah diobatin tapi susah sekali sembuhnya,,, tapi waktu itu diobatinya bukan pakai ubi jalar tapi pakai air bekicot dan alahamdulillah langsung sembuhh,,,

Komentar Anda :

 
Back To Top