WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Membedakan Kelinci Jantan dan Betina Usia Muda


Mengapa perlu untuk membedakan jenis kelamin kelinci di usia muda? Bukankah ketika dewasa nanti akan terlihat dengan jelas mana kelinci jantan dan mana kelinci betina?

Karena pada usia 2 bulan, atau saat kelinci habis disapih, kelinci sudah dapat untuk dijual. Pada umur tersebut kelinci masih kelihatan lucu dan menggemaskan, sehingga membuat orang ingin memilikinya. Biasanya harga kelinci betina dihargai lebih mahal dibanding dengan kelinci jantan. Maka dari itu penting sekali untuk dapat membedakan jenis kelamin kelinci di usia muda.

Membedakan Kelinci Jantan dan Betina Usia Muda

Mungkin bukan penjual saja atau peternak saja yang wajib mempunyai pengetahuan soal cara menentukan jenis kelamin kelinci. Akan tetapi, bagi pembeli dan masyarakat umum juga tidak ada salahnya untuk menguasai teknik tentang cara membedakan kelinci jantan dan kelinci betina terutama saat kelinci masih berusia muda. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan :

Baca juga : Cara membedakan itik jantan dan itik betina yang baru menetas.

Ambil anak kelinci kemudian baringkan di telapak tangan kiri sambil ditahan agar kelinci tidak lepas. Buat agar kelinci tidak berontak dan merasa nyaman di telapak tangan anda. Jika ukuran kelinci cukup besar meskipun masih bayi (contohnya anakan dari jenis giant flemish), maka anak kelinci tersebut dapat direbahkan di atas pangkuan dengan kepala diletakkan diantara dua lutut.

Lalu bentangkan kaki belakang kelinci dan sibakkan ekor dengan tangan kanan sampai terlihat lubang anus dan lubang kelamin. Lubang yang dekat ekor adalah lubang anus, sedangkan lubang yang dekat dengan perut adalah lubang kelamin. Tekanan sedikit pada kulit alat kelaminnya. Jika terlihat ada tonjolan maka kelinci tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan jika berbentuk lingkaran dan sedikit agak memanjang, maka sudah dapat dipastikan bahwa kelinci tersebut adalah kelinci betina.

Begitulah cara membedakan jenis kelamin kelinci pada usia muda. Semoga dapat membantu.


2 komentar

yang jelas kalau anunya menonjol bisa dipastikan jantan deh ya mas. hehee

Komentar Anda :

 
Back To Top