WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar?


Ada sebuah pertanyaan yang membuat saya ingin menjawabnya lewat sebuah artikel singkat kali ini. Pertanyaan tersebut bunyinya begini "Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar?"
Sebenarnya saya pernah membuat artikel tentang menghapus background gambar atau foto. Diantaranya, Cara Menghilangkan Background Gambar Menggunakan Photoshop dan Cara menghapus background foto dengan CorelDraw. Dari kedua cara tersebut seharusnya sudah dapat menjawab pertanyaan di atas. Namun, kemungkinan ada tahap yang terlewatkan sehingga membuat background putih masih kelihatan meskipun di Photoshop atau di Coreldraw background gambar sudah dihapus. Tahap itu adalah tahap akhir, yaitu pada saat kita hendak menyimpan gambar.

Sekedar untuk menyegarkan ingatan, saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana menghapus background gambar, kali ini dengan Adope Photoshop, dan bagaimana menyimpannya agar background putih tak nampak lagi.

1. Buka sebuah file gambar atau foto. Di sini saya menggunakan sebuah gambar logo terbaru dari blog saya yaitu wisma kreatif.

Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar?

2. Pilih Magic Wand Tool, atau cukup tekan tombol 'W' pada keyboard, lalu seleksi pada backgrond gambar.

Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar?

3. Setelah semua background terseleksi, lanjutkan dengan menekan tombol 'Delete' pada keyboard, dan hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar?

4. Setelah itu, tahap terakhir adalah tahap terpenting agar background putih hilang seperti yang diinginkan. Atau mungkin background gambar menjadi transparan.
Pada Menu Bar pilih File > Save As... atau tekan tombol Shift + Ctrl + S pada keyboard. Kemudian simpan gambar dengan nama sesuka kamu dengan format PNG (*PNG, *PNS).

Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar?

Kata yang saya beri warna kuning jangan sampai terlewatkan. Setelah itu cek apakah background putih masih ikut atau tidak. Lakukan tes sederhana dengan membuka file PNG tadi di atas lembar kerja berwarna.

Semoga penafsiran saya atas pertanyaan Kenapa Sulit Menghapus Background Putih Pada Gambar? tidak keliru. Dan semoga kalian yang mempunyai masalah serupa dapat terbantu.


2 komentar

ini saya dapet tambahan deh ilmu photoshopnya. hehee

mas Budi lebih jago tentunya....

Komentar Anda :

 
Back To Top