WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Mudah Membedakan Itik Jantan dan Betina Yang Baru Menetas


Membedakan jenis kelamin pada anak itik atau bebek untuk mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina tidak semudah membedakan jenis kelamin pada anakan burung puyuh. Pada burung puyuh yang baru menetas, jenis kelamin sudah dapat dilihat pada ciri-ciri yang ada pada warna garis pada bulu halusnya. Pada itik, khususnya yang baru menetas memang agak sedikit susah, terutama bagi kita para pemula. Namun tidak usah kuatir. Di bawah ini ada sedikit panduan yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menentukan itik jantan dan itik betina ketika baru menetas. Dengan mengetahui jenis kelamin anak bebek sejak dini, maka banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh peternak, salah satunya dapat menekan penggunaan pakan.

Cara Mudah Membedakan Itik Jantan dan Betina Yang Baru Menetas
Pada dasarnya ada tiga cara yang sering digunakan oleh peternak untuk mengetahui atau untuk membedakan antara itik jantan dan itik betina ketika masih berumur beberapa hari. Yaitu : 

  • Menentukan jenis kelamin dengan mendengarkan suara itik
Yang pertama dengan cara menentukan jenis kelamin bebek jantan dan betina dengan hanya mendengar suaranya saja, atau biasa disebut dengan Voice sexing. Cara seperti ini mungkin dibutuhkan latihan khusus, dan hanya dapat dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman saja. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan cara memegang itik lalu tekan pada bagian pangkal leher itik, dekat tembolok. Apabila suara itik serak maka dapat dipastikan jantan. Dan jika terdengar melengking dan nyaring, berarti itu adalah itik betina.

  • Menentukan jenis kelamin dengan mengamati tingkah laku itik
Menentukan jenis kelamin jantan dan betina pada anak itik yang kedua adalah dengan cara mengamati atau memperhatikan bentuk fisik dan tingkah laku itik atau Bend sexing. Itik jantan mempunyai bentuk kepala dan badan lebih besar, warna bulu lebih gelap gelap jika dibandingkan dengan itik betina. Itik jantan melakukan gerakan lebih tenang, mempunyai bulu kepala kasar dan panjang, paruhnya runcing, gelap dan melengkung. Sedangkan itik betina adalah kebalikannya. Cara pengamatan seperti ini mungkin kurang efektif dengan tingkat keakuratan yang kecil. Jadi mungkin cara terakhir bisa anda coba.

  • Menentukan jenis kelamin dengan melihat bagian belakang itik
Cara ketiga dalam menentukan jenis kelamin itik ini mungkin yang paling mudah dengan tingkat keakuratan yang tinggi, dan juga dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Yaitu dengan cara Hand sexing. Hand sexing adalah cara menentukan itik jantan dan betina dengan melihat bagian bagian belakang (anus) pada itik. Caranya, pegang itik mengunakan tangan kiri dengan posisi itik terbalik (kepala itik ada di bawah), lalu dengan tangan kanan buka anus itik kemudian perhatikan. Apabila terlihat tonjolan yang runcing dengan warna putih menyerupai akar kecambah, maka itik berjenis kelamin jantan. Sedangkan jika tidak ada, maka itik tersebut adalah betina.

Nah, begitulah cara membedakan itik jantan dan betina pada itik yang baru menetas yang paling sering digunakan. Anda bisa mencoba untuk mempraktekan semua cara yang tertulis di atas atau cukup dengan memilih salah satu yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan, dan tentu saja dengan keakuratan yang cukup tinggi.

Selamat mencoba!


2 komentar

wah mantap ya...sedikit2 jadi tahu cara membedakannya...sipp :D

kayaknya yang paling mudah pake cara yang ke 3 deh. makasih kang infonya..

Komentar Anda :

 
Back To Top