WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Belajar Membuat Video Edukasi Sendiri Dengan Sony Vegas


Bisa membuat video sendiri ternyata cukup membuat hati menjadi senang. Ada semacam kepuasan tersendiri meskipun hasilnya biasa-biasa saja. Biarpun cuma kumpulan gambar-gambar yang digabungkan menjadi satu lalu ditambah dengan teks dan suara.

Pada postingan kali ini saya bukan mau memberikan tutorial cara pembuatannya, tapi hanya sekedar sharing saja, karena sedang tidak ada ide untuk menulis, dan tidak ada yang mau dikerjakan akhirnya iseng-iseng membuat video yang saya tujukan untuk anak saya sebagai bahan belajar mengenal nama-nama buah-buahan, nama-nama hewan dll, dan sepertinya anak saya menyukainya.

Untuk bahan-bahan seperti gambar, saya ambil dari internet. Karena itu sebelum dijadikan video, pertama yang saya lakukan adalah mengatur ukuran lebar dan tinggi gambar agar menjadi seragam. Di sini saya menggunakan Adope Photoshop sebagai alat bantunya.

**************

:: Menyamakan Ukuran Gambar ::
Karena semua gambar saya dapatkan dari internet, maka ukuran lebar dan tingginya berbeda-beda. maka saya harus menyamakan ukurannya terlebih dahulu agar tampilan di videonya nanti terlihat lebih rapi.

Caranya:
Buat layer baru dengan ukuran Lebar 1366 pixels dan Tinggi 768 pixels. Resolusi 72 pixels/inch, Mode warna RGB Color 8 bit, dan Background Putih, lalu klik OK

Membuat Video Edukasi Untuk Anak Dengan Sony Vegas

Setelah lebar dan tinggi layer ditentukan, saya tinggal memasukkan satu persatu gambar yang sudah saya kumpulkan sebelumnya, kemudian masukkan satu persatu gambar ke dalam layer, lalu sesuaikan ukurannya agar mendapatkan tampilan yang paling sempurna. Untuk gambar dengan latar belakang (background), saya buat memenuhi layer dengan bantuan tombol Ctrl+T. Contoh hasil jadinya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Membuat Video Edukasi Untuk Anak Dengan Sony Vegas
Contoh gambar dengan background warna

Membuat Video Edukasi Untuk Anak Dengan Sony Vegas

Contoh gambar dengan background putih


:: Bekerja Dengan Sony Vegas ::
Setelah semua ukuran gambar diseragamkan, sekarang tinggal memasukkan gambar-gambar tersebut ke dalam Sony Vegas.

Belajar Membuat Video Edukasi Sendiri Dengan Sony Vegas

Keterangan:
1. Media generators > Titles & Text > saya pilih Popup
2. Text media untuk judul
3. Gambar-gambar
4. Suara yang menyebutkan nama-nama buah-buahan sesuai dengan gambar di atasnya. Bisa menngunakan suara sendiri dengan cara merekamnya melalui microfon, atau bisa juga dengan bantuan software. Kalau saya menggunakan aplikasi perekam karena di PC tidak ada microfonnya.

Semua sudah terlihat beres dan sesuai dengan yang diinginkan, kemudian saya akan mengkonvert hasilnya menjadi sebuah video agar dapat diputar di media player. Kali ini format yang saya pilih adalah Mp4.

Tekan Alt+Enter untuk memunculkan jendela Properties. Tentukan Width : 720 dan Height : 486, Full-resolution rendering quality : Best, lalu klik OK.

Belajar Membuat Video Edukasi Sendiri Dengan Sony Vegas

Langkah terakhir adalah merendernya. Beri judul, dan pada output format pilih Internet 360p widescreen, lalu klik Render.

Belajar Membuat Video Edukasi Sendiri Dengan Sony Vegas

Tunggu beberapa saat sampai proses rendering selesai.
Dan berikut ini hasil video buatan sendiri tanpa kamera yang berhasil saya buat.


Video di atas hanyalah sebuah contoh semata. Saya yakin anda lebih mahir daripada saya dan dapat mebuat video yang jauh lebih bagus dari ini. Tidak ada yang istimewa dalam video tersebut, namun seperti yang telah saya sampaikan di atas, video edukasi untuk anak ini cukup membuat saya puas :)


18 komentar

betul sih gan saat gak ada kesibukan kita bisa mengisinya dengan hal-hal lain, yang bisa bermanfaat, atau bisa juga untuk sekedar mengisi waktu luang, seperti apa yang agan sampaikan

Perlu belajar nih saya sama tutorial yang kang Ucup share ini. cara membuat video edukasi bisa langsung praktek nih Kang. makasih sudah berbagi :)

Wah betul ya Mas Poniran. sambil manfaatin waktu luang saya belajar yang Kang Ucup bagikan :)

gambarnya kenapa buah ini mas, jadi pengen kan wkwk. tapi bagus juga ya ngebuat video pake sony vegas, kalo saya biasa pake premier :D

Saya belum pernah menggunakan sony vegas min buat video editing, ya, setiap orang punya aplikasi yang mereka suka masing-masing, yang penting seneng pas editing videonya. Nice share min.

kapan boleh nyoba nih edit dengan Sony Vegas, banyak tantangannya di sana yang harus dipelajari.

Wah keren nie kang menarik untuk dicoba, selama ini saya menggunakan vegas pro cuma buat edit mp3 aja kang, kalo untuk membuat video sendir blom tau caranya...

video diatas cocok banget buat pembelajaran anak paud untuk mengenalkan nama buah-buhan ya mas

Nah cucok tuh kang, apalagi kang saud mah kan suka editing video musik, cobain pake sony vegas nie kang biar makin makjleb :D

wah kayaknya saya juga kudu mencoba nih membuat video semacam ini kang ucup.
pasti deh ciciek(anak saya) juga akan seneng :D

Hanya bisa berangan angan saja mas untuk bisa belajar membuat video ini karena tidak mempunya software sony vegas pro. heehe

keren hasilnya, kalu saya biasanya pakai ulead mas :D

apa saja bisa kok mas, saya pakai sony vegas juga masih tahap belajar saja

mas Nehand pasti tidak asing dengan sony vegas, soalnya di atas saya tidak menyebutkan kata pro di belakang sony vegas

wahhhh kebetulan nihh saya sedang belajar edit edit video untuk di unggah di yutube soalnya rata rata video hasil editan saya masih sederhana :v

jadi ada dua tipe gituh kang ada pro ada engga gitu ya

tahap belajar tapi hebat ya kang

saya bisa pake ini nih buat vidio di yotube seperti kata mas ainul yakin. bener saya setuju mas

Komentar Anda :

 
Back To Top