WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mari Mengenal Tanaman Hias Jemani


Jemani merupakan salah satu jenis Anthurium yang mempunyai varian paling banyak diantara jenis Anthurium yang ada. Variasi pada Jemani diakibatkan adanya mutasi maupun penyilangan, baik yang dikembangbiakkan secara sengaja maupun tidak disengaja. Karena jumlah Jemani terlalu banyak variasi, para penghobi kadang-kadang merasa kesulitan untuk membedakan berbagai jenis Jemani asli dengan Jemani silang atau yang palsu.

Agar tidak salah membeli dan kesulitan untuk membedakan varian Jemani asli, di bawah ini diberikan beberapa varian Jemani beserta ciri-ciri fisiknya.

1). Jemani Kobra.
Jemani jenis ini adalah varian yang menyerupai tanaman hias Anthurium. Jumlahnya sedikit yang menyebabkan para penghobi tanaman hias semakin penasaran ingin mengetahui jenis Jemani ini dan bermaksud untuk mengoleksinya. Karena tergolong jenis Jemani yang istimewa dan langka, maka harganya pun menjadi mahal. Ciri-ciri fisik yang mudah dikenali terhadap jenis Jemani Kobra adalah bentuk batang yang membentuk lekuk-lekukan cantik dan daunnya yang unik. Lekuk serta bentuk daunnya menyerupai leher ular sendok/kobra yang sedang memangsa lawannya. Warna daun hijau segar, bersih dan ada yang hijau pekat atau hijau muda dengan variasi bintik-bintik berwarna-warni, ujung daunnya cenderung meruncing. Memiliki garis urat daun yang jelas berawal dari bawah ke atas dan berada ditengah-tengah. Urat daun yang berada di pinggirnya sambung-menyambung membentuk garis tepi daun. Pada musim semi, banyak tumbuh pucuk daun yang muncul dengan cantik berwarna hijau dan tidak banyak mengalami perubahan setelah daunnya berkembang menjadi tua. Karena jenis ini merupakan favorit pengkoleksi tanaman hias mahal yang sangat diburu, maka di pasaran banyak muncul Jemani Kobra palsu. Hati-hati jangan sampai tertipu dengan yang model-model Jemani Kobra silangan atau mutasi. Agar tidak tertipu, perhatikan model lekukan dan gelombang daunnya. Yang palsu biasanya lekuk daun cenderung lurus (lekuknya tidak terlihat jelas) dan berbentuk bundar. Sedangkan yang aslinya adalah lancip.

2). Jemani Mangkok.
Jenis ini menjadi istimewa karena bentuknya melingkar seperti mangkok. Daun yang tebal dan berbentuk bundar, serta di pinggir daun dari pangkal hingga ujung melengkung ke bawah, sehingga daunnya membentuk cekungan menyerupai mangkok. Tumbuh daunnya membentuk roset sehingga semakin terlihat tampilan yang kompak dan rapi. Jenis ini tidak terlalu besar. Warna daunnya hijau cerah, mulai dari yang muda hingga berwarna hijau tua dan bersih serta mengkilap. Jenis ini termasuk ke dalam jenis Jemani Hybrid dan banyak diburu oleh penghobi untuk dikoleksi pada taman-aman rumah mereka. Untuk yang satu ini, cirinya mudah dikenali, sehingga kemungkinan pembeli tertipu adalah kecil. Meskipun demikian, sebaiknya anda harus tetap hati-hati dalam memilih tanaman Jemani Mangkok.

Mari Mengenal Tanaman Hias Jemani

3). Jemani Naga.
Sosoknya mirip dengan jemani jenis kobra, baik lekukan gelombang daunnya maupun dari sisi ukuran daun. Tetapi yang membedakan dengan jenis kobra adalah warna daun jemani naga yang lebih hijau. Bahkan warna daun pada jemani jenis ini hijaunya terlihat tua dan cenderung legam. Pada daun mudanya, tulang maupun serat daun berwarna merah kecoklatan. Pada daun tua, tulang maupun serat daunnya yang berwarna hijau muda disbanding warna lebar daunnya yang hijau tua membuat kesan jemani jenis ini terlihat kokoh dan gagah. Dan yang istimewa dari jemani naga ini adalah pertumbuhan yang tegolong cepat. Dalam kurun waktu 1 bulan saja, satu tunas panjangnya bias mencapai 20 cm. merupakan jenis jemani yang masih jarang ditemui dipasaran.

4). Jemani Pagoda.
Disebut dengan Jemani Pagoda karena tumbuh daunnya bergelombang, lebar daunnya tumbuh lurus dan tegak ke atas sehingga sosok tampilannya seperti sebuah bangunan Pagoda. Daun tebal dan berwarna hijau tua dan jika diraba sangat licin menyerupai lembaran plastik yang tebal. Jemani jenis ini termasuk jarang di pasaran, akibatnya harganya melambung tinggi. Jemani Pagoda adalah jenis tanaman hias Jemani yang berkarakter cukup kuat, jadi kecil kemungkinan anda akan tertipu jika melihatnya.

5). Jemani Jaipong.
Jenis ini termasuk langka ditemui di pasaran. Yang membuat Jemani Jaipong memiliki harga jual mahal adalah jenisnya berbeda dengan Jemani yang lainnya yaitu tumbuhan daunnya unik, tangkai daunnya berdiri tegak dan menompang lebar lembar daun yang tumbuh melengkung ke arah samping kemudian dilanjutkan ke bawah. Bentuk daunnya agak memanjang dan tebal. Pada beberapa bagian urat daun menyatu antara urat daun di bawah dan urat daun di atasnya. Untuk harga, jenis Jemani Jaipong masih tegolong mahal, sebab barangnya memang sangat terbatas di pasaran.

6). Jemani Leak.
Sosok tampilan Jemani Leak mirip Jemani Pagoda. Namun daunnya lebih besar dan panjang. Bentuk daunnya sedikit menyempit dari pangkal daunnya kemudian melebar ke arah ujung daun. Bentuk ujung daun cenderung bulat. Pada tulang maupun serat daun bagian bawah berwarna merah kecoklatan, sehingga mengesankan keindahan Jemani jenis ini. Urat daun yang terletak di kiri -kanan tulang daunnya memiliki motif menjalar dan menggumpul ke arah ujung daunnya.

7). Jemani Pithon.
Tampilan Jemani jenis ini tergolong pendek terutama daunnya. Sehingga seakan akan daunnya muncul dari media tanamnya. Daunnya melebar dari pangkal daun hingga ke ujung membuat bentuk daun cenderung bulat. Warna daun, mulai daun yang masih muda hingga menjadi tua berwarna hijau tua. Susunan daunnya yang roset membuat sosok tampilan melingkar rapid an terlihat kompak meski termasuk jenis Jemani. Motif urat daunnya menjalar ke arah tepian daun. Termasuk jenis jemani yang langka ditemukan di pasaran, akibatnya harga Jemani ini tergolong mahal.

8). Jemani Black.
Jemani hybrid ini memiliki tampilan yang “ garang ”. Tidak seperti jenis Jemani pada umumnya yang mempunyai warna daun hijau muda hingga hijau tua. Jemani Black sangat istimewa karena warna hijau tuanya yang mengkilap dan cenderung kehitam-hitaman. Serat dan tulang daunnya berwarna kekuning-kuningan. Tumbuh melingkar dengan tekstur daunnya yang tebal dan sangat rimbun, menjadikan Jemani jenis ini tampil kekar dan kuat.

9). Jemani Tanduk.
Jemani jenis ini memiliki ciri khusus pada daunnya yaitu berbentuk panjang dan sedikit melintir. Tumbuh daunnya berselang-seling dan saling berlawanan. Letak daunnya pun berselang-seling, menjadikan tumbuhan daun Jemani Tanduk ini terkesan bergerombol. Daunnya berbentuk memanjang dan ujung daunnya meruncing seakan menyerupai tanduk sehingga dinamakan Jemani Tanduk. Tekstur daunnya sangat istimewa karena urat daun yang terletak di pinggiran tepian saling sambung-menyambung sehingga membentuk garis tepi yang sangat rapi pada setiap lembar daunnya.

10). Jemani Sawi.
Jemania Sawi memiliki penampilan sangat khas. Daunnya besar, lebar dan memanjang, pangkal daun bentuknya menyempit dan semakin kearah ujung daun memiliki ukuran daun melebar. Urat daunnya terlihat jelas ke arah tepian daun. Tulang daunnya tebal dan kuat, menjadikan setiap lembar daunnya terkesan kokoh. Di pasaran jenis ini mudah untuk dikenali dan banyak yang menjual. Harganya pun relatif murah dibandingkan dengan jenis Jemani lainnya.

Jika anda ingin mengoleksi salah satu jenis Jemani paling mahal dan terindah tersebut di atas, silahkan mencarinya di toko-toko bunga, namun hati-hati, jangan sampai membeli Jemani palsu. 


2 komentar

wah ternyata jenis tanaman hias jemani ini banyak juga yah :)

iya betul sekali mas, jemani banyak macamnya

Komentar Anda :

 
Back To Top