WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Inilah Jenis Tanaman Yang Dibenci Oleh Tikus


Tikus memanglah binatang pengerat yang sangat menjengkelkan. Terutama saat mereka masuk ke dalam rumah anda dan mencari tempat untuk tinggal dan berkembang biak. Biasanya tempat favorit tikus-tikus ini adalah lemari pakaian. Menggunakan gigi-giginya yang tajam, tikus mampu membuat lubang pada area sekitar lemari lalu kemudian mereka membangun sarang di dalamnya. Bahan untuk membuat sarang yang nyaman sudah tersedia di dalam lemari, yaitu baju-baju yang ada di sana. Saat malam tiba mereka akan keluar dari sarang dan mencari makan di dapur dan di tempat lain di mana tempat tersebut terdapat sumber makanan bagi mereka. Tikus adalah binatang yang sangat rakus layaknya koruptor. Mereka memakan benda apa saja yang ditemuinya. Seperti sabun mandi, lem kertas, sandal, dan lain-lain. 

Inilah Jenis Tanaman Yang Dibenci Oleh Tikus

Berbagai cara mungkin telah anda coba untuk mengusir tikus, seperti dengan memasang perangkap tikus, menaruh lem tikus di tempat yang biasa dilalui tikus, atau bahkan dengan cara memberi racun tikus pada makanan yang dipakai sebagai umpan. Namun tikus adalah binatang yang cerdas, dan mempunyai ingatan yang sangat tajam. Apabila ada tikus yang tertangkap di area 'A', maka besar kemungkinan tidak akan ada lagi tikus yang tertangkap di tempat yang sama pada hari berikutnya. Mereka akan mencari jalan lain dan berusaha untuk tidak melewati area 'A' lagi.

Tikus berkembang biak dengan sangat cepat. Dalam hitungan bulan saja, dari seekor induk tikus dapat melahirkan puluhan anak-anak tikus baru. Jadi, untuk memberantas mereka sepertinya akan mengalami kesulitan. Meskipun tidak dapat membasmi mereka sepenuhnya, setidaknya anda bisa mengusir mereka dan membuat tikus-tikus tidak kembali lagi. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tanaman dan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar anda. Tanaman apa sajakah yang dapat mengusir tikus?

1. Buah Bintaro.
Pohon bintaro merupakan tanaman peneduh yang banyak dijumpai di pinggir jalan atau di taman-taman kota. Buah dari tanaman ini berkhasiat mengusir tikus. Caranya dapat anda temukan pada postingan kami sebelumnya.
Baca : Cara mengusir tikus menggunakan buah bintaro.

2. Buah Mengkudu.
Bau buah mengkudu matang yang sedikit tajam dan menyengat akan membuat tikus tidak nyaman tinggal berlama-lama di dalam rumah anda dan mereka akan terusir dengan sendirinya. Cara menggunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus sangat mudah. Anda cukup memotong buah mengkudu yang sudah matang menjadi beberapa bagian, kemudian taruh di sekitar tikus berada.

3. Batang Pohon Salak.
Pohon salak mempunyai banyak duri yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengusir tikus. Letakkan beberapa batang pohon salak di tempat sering dilalui tikus. Hati-hati menggunakan pohon salak karena dapat melukai anda dan juga anggota keluarga yang lain.

4. Patah Tulang.
Patah tulang adalah tumbuhan perdu bercabang banyak berselang seling dan bergetah seperti susu. Tumbuhan ini memiliki ranting yang bulat silindris. Daunnya jarang dan berselang-seling dan hanya terdapat pada ujung ranting yang masih muda dengan ukuran daun yang kecil-kecil.
Getah dari patah tulang inilah yang dapat digunakan untuk mengusir tikus. Caranya dengan meletakkan pada jalur keluar masuknya tikus.

5. Cabe Rawit.
Cabe rawit bentknya kecil, tapi rasanya sangat pedas. Selain sebagai bahan utama dalam membuat sambal, cabe rawit juga dapat digunakan sebagai senjata memerangi tikus. Caranya cukup mudah, hancurkan beberapa cabe rawit (pilih yang sudah tua) lalu tambahkan air secukupnya. Masukkan ke dalam alat penyemprot air, lalu semprotkan pada tempat-tempat persembunyian tikus.

Setelah mengetahui apa saja jenis tanaman yang tidak disukai oleh tikus, maka sekarang adalah waktunya anda untuk beraksi mengusir mereka dari rumah anda.

Selamat Mencoba !


5 komentar

tikus masa kini besar-besar yamas, saya biasanya ngusir tikus dengan ngurus kucing, eh sekarang mah kucing saya malah takut karna ukuran tikus jaman sekarang gede-gede.heuheu

di tempat saya sering sekali memakai buah bintaro buat nakutin tikus :) ternyata benar juga tikus takut dengan buah bintaro...

aih cabe rawit dan batang salak ternyata bisa bikin tikus kabur terbirit-birit jika di sodorin benda-atau jenis tanaman itu ya mang....cobain ah

Lumayan juga mas, tipsnya bisa membantu menghalau tikus yng sering berkeliaran di hlalaman depan rumah nih.

Di rumah saya tikusnya banyak kang, sampai bosen pasang jebakan tikusnya juga. ternyata ada jenis2 tanaman yg di benci oleh tikus ya hehehe... nanti saya coba nanam ah di halaman kalo pohon2nya cocok, paling pohon cabe sama pohon mangkudu, karena dulu pernah punya tapi tapi ditebang sama bapak :D

Komentar Anda :

 
Back To Top