WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Dahsyatnya Khasiat Yang Terdapat Pada Daun Kelor Untuk Kesehatan


"Dunia tak selebar daun kelor" mungkin anda sudah sangat familiar dengan peribahasa tersebut. Namun, apakah anda sudah tahu khasiat dan manfaat yang dapat diperoleh dari daun ini? 

Daun kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan yang masuk dalam suku Moringaceae. Mempunyai bentuk daun bulat telur dengan ukuran kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau dengan aroma bau yang semerbak. Buahnya berbentuk segitiga memanjang yang disebut dengan nama kelentang. Tinggi batang dari pohon kelor bisa mencapai 7 hingga11 meter.

Masyarakat Jawa menyebut daun kelor sebagai Limaran. Orang Inggris menyebutnya Moringa, Ben-oil tree, Clarifier tree, Drumstick tree. Melayu menamainya kalor, merunggai, sajina. Orang Vietnam mengenlnya dengan Chùm ngây. Kalau di Thailand dipanggil Ma-rum, dan di Pilipina namanya Malunggay.

Dahsyatnya Khasiat Yang Terdapat Pada Daun Kelor Untuk Kesehatan

Sejak tahun 1980-an, penelitian terhadap kelor telah dilakukan, bukan hanya pada daunnya saja tetapi juga kulit batang, buah dan bijinya. Di Etiopia, Somalia, dan Kenya, kelor digunakan sebagai penghijauan serta penahan penggurunan. Sudah sejak lama sudah menjadi tradisi penduduknya untuk menanam pohon kelor, karena pohon tersebut dapat menjadi bagian di dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan sayuran, bahan baku obat-obatan, juga untuk diperdagangkan.
Di kawasan Arba Minch dan Konso, pohon kelor digunakan sebagai tanaman untuk penahan longsor, konservasi tanah, dan terasering. Ketika musim hujan datang dalam jumlah yang paling minimal sekalipun, jatuhan air hujan akan dapat ditahan oleh sistem akar kelor, dan pada musim kemarau, tampungan air yang berada disekitar akar kelor akan menjadi sumber air bagi tanaman lain.

Pemanfaatan pohon kelor tidak hanya sebagai tanaman penahan longsor, atau penampung air hujan saja. Peneliti dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, membuktikan bahwa daun kelor berkhasiat sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati. Sedangkan menurut dokter sekaligus herbalis dari Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, contohnya luka pada usus dan luka lambung. Beliau mengatakan bagian apa pun yang dipakai aman asal memperhatikan caranya. Rebusan daun kelor sebaiknya diminum selagi hangat, karena efek antioksidan masih kuat dalam keadaan hangat. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kelor

Daun kelor mempunyai kandungan Kalsium, Vitamin C, Vitamin A, Potasium, Zat Besi dan Protein dengan jumlah yang lebih banyak dibanding dengan sumber makanan lain seperti Susu, Jeruk, Wortel, Pisang, Bayam dan Yogurt.

Di bawah ini kandungan gizi yang terdapat pada daun kelor jika dibandingkan dengan sumber makanan yang lain.

Dahsyatnya Khasiat Yang Terdapat Pada Daun Kelor Untuk Kesehatan
Kalsium daun kelor 4x lebih banyak dibanding Kalsium Susu
Vitamin C 7x lebih banyak dibanding Vitamin C pada Jeruk
Vitamin A 4x lebih banyak vitamin a wortel
Kandungan Potasiumnya 3x lebih banyak dari buah Pisang
Zat Besi 0.75x Zat Besi Bayam
Protein 2x Protein Yogurt





Kandungan yang ada di daun kelor tersebut akan bertambah banyak lagi pada daun kelor yang sudah dikeringkan dan dapat disimpan dalam bentuk serbuk.

Dahsyatnya Khasiat Yang Terdapat Pada Daun Kelor Untuk Kesehatan
Kalsium daun kelor 17x lebih banyak dibanding Kalsium Susu
Vitamin C 0.5x lebih banyak dibanding Vitamin C pada Jeruk
Vitamin A 10x lebih banyak vitamin a wortel
Kandungan Potasiumnya 15x lebih banyak dari buah Pisang
Zat Besi 25x Zat Besi Bayam
Protein 9x Protein Yogurt




Daun kelor dianggap sebagai tanaman ajaib yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dan juga sebagai obat berbagai penyakit. Tak heran bila daun ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini beberapa contoh manfaat dari daun kelor yang berhubungan dengan kesehatan.

Membuat kulit menjadi sehat
Ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi yang terdapat pada daun kelor, yang membuat daun kelor sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi sayur daun kelor secara teratur dipercaya dapat menghaluskan kulit dan mampu mencegah timbulnya jerawat. Selain itu kulit wajah akan menjadi halus dan terbebas dari flek hitam di wajah apabila menjadikan daun kelor menjadi masker wajah dan digunakan secara rutin setiap hari. 

Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan wortel sangat bagus untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan membuat mata sehat dan pandangan menjadi jernih. Untuk obat luar pada mata juga dapat dilakukan dengan cara membasuhkan air rebusan daun kelor pada mata yang sakit. Atau ambil tiga tangkai lalu di tumbuk hingga halus kemudian ditambahkan satu gelas air bersih, di aduk hingga merata, kemudian diamkan hingga ampasnya mengendap. Setelah itu air tadi dapat digunakan untuk diteteskan pada mata.

Mengobati Herpes/ Kurap
Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengan famili hepertoviridae. Tanda-tandanya terdapat bintik-bintik merah dan bernanah dalam jumlah yang banyak dan berkelompok. Untuk mengobati Herpes caranya dengan menumbuk 3 - 7 tangkai daun kelor hingga menjadi halus, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena herpes.

Mengobati Memar
Daun kelor juga dapat mengobati luka memar, caranya cukup ambil daun kelor secukupnya kemudian dicampur dengan sedikit garam dapur, lalu ditumbuk hingga halus, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang memar.

Mengatasi Alergi
Untuk mengatasi alergi caranya adalah : ambil tiga tangkai daun kelor, adas pulasari secukupnya, satu siung bawang merah, dan tiga gelas air, rebus sampai air mendidih dan sisakan airnya menjadi dua gelas saja. Saring dan minum setiap hari secara rutin.

Selain manfaat di atas, daun kelor juga dapat digunakan sebagai pembasmi penyakit ganas. Berikut adalah beberapa contoh dari penyakit-penyakit ganas yang mampu disembuhkan dengan bantuan daun kelor.


Kanker
Daun kelor mempunyai kandungan Antioksidan juga Potasium yang sangat tinggi. Antioksidan akan menghalangi berkembangnya sel-sel kanker, dan kandungan Postasiumnya yang akan menyingkirkan sel-sel kanker.

Diabetes
Hal ini telah dibuktikan oleh Jaiswal Dolly seseorang peneliti dari India. Hasil menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat pada daun kelor lebih ampuh menurunkan kandungan gula dari pada Glipzide (obat yang sering dipakai untuk mengobati penyakit kencing manis). Daun kelor dapat berperan sebagai insulin alami hingga menghindarkan dari penyakit gula atau diabetes.

Hepatitis/ Penyakit Kuning
Untuk mengobati sakit kuning, tumbuk 3 sampai 7 tangkai daun kelor hingga menjadi halus. Tambahkan satu gelas air kelapa kemudian disaring. Tambahkan satu sendok makan madu lalu aduk sampai merata. Untuk hasil yang optimal, minumlah ramuan ini dengan cara teratur.

Batu Ginjal
Batu ginjal adalah penyakit dimana terjadi penyumbatan yang terdapat pada saluran kemih. Dengan mengkonsumsi secara teratur daun kelor sebagai sayur, dipercaya mampu meluruhkan batu ginjal.

Rematik
Rematik terjadi karena kurangnya nutrisi pada tulang. Kalsium yang cukup tinggi yang terdapat pada daun kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan tulang akan Kalsium. Daun kelor juga dapat mengurangi penumpukan asam urat sehingga mengurangi rasa sakit pada sendi.

Itulah mengapa daun kelor dikenal dengan sebutan daun ajaib, karena di dalamnya terdapat khasiat dan manfaat yang begitu dahsyat dan luar biasa dalam mengobati berbagai jenis penyakit ganas dan berbahaya.


17 komentar

Yang saya tahu Khasiat dari Daun Kelor cuma untuk mengobati Alergi saja kang, ternyata manfaatnya bagi kesehatan banyak juga yah. Apalagi Kandungan kandungan Gizi yg ada pada daun kelor banyak mengandung Vitamin, sangat bagus untuk kesehatan ..

wah ternyata khasiat dari daun kelor ini banyak juga ya kang, salah satunya bisa membantu menyembukan penyakit batu ginjal. saya mah malah gak tau kalo daun kelor itu bisa dikonsumsi kang...

monggo dicobain kalo gitu kang :)

Baru tau saya Kang Ucup kalau daun kelor itu sangat berkhasiat. di tempat saya banyak lho Kang daun kelor itu :)

Jangan lupa pada Bayar sama Kang Ucup kalau sudah pada nyobain manfaat nya Daun kelor itu ya Pak+Mas? :D

Baru tau kan Mas Marnes Dasyat nya dan Khasiatnya Daun kelor.? kerenan saya dong sudah tau berkat postinganya Kang Ucup ini :)

wuih banyak banget nih khasiat daun kelor kang.
saya taunya buat di masak bening pake sambel trasi enak banget,apalagi kalau dimakan tengah hari

kalau ditempat saya Riau daun kelor itu apa ya?

khasiat daun kelor banyak juga ya kang, apalagi vitaminnya berkali-kali lebih besar yah.bahkan kelsium dan vitamin a nya banyak juga dibanding susu dan wortel.jarang diketahui banyak orang nih kang..

daun kelor di tanah sunda mah banyak banget ya kang cuman jarang diketahui manfaatnya saja sih..

Banyak juga khasiatnya daun kelor. Kalau saya umumnya untuk mengobati rasa rematik saja.

kalau mau minta kopi joss bisa pesan langsung ke mas saud :)

wah lengkap juga sampai penyakit ganas pun bisa diobati sama daun kelor,
kalau denger-denger sih daun kelor juga bisa dijadikan senjata untuk hal mistis nya kang ? :)

wah.. betul betul. saya lupa menambahkannya di artikel. katanya daun kelor juga dapat meluruhkan susuk dan ilmu kebal juga. katanya sih begitu mas

daun kelor banyak juga ya manfaat nya, kayanya kalo di daerah saya masih susah deh cari daun kelor,

Daun kelor ternyata bisa juga mengobati penyakit kanker ya Kang.
Lengkap banget nih khasiat daun kelornya

Gan untuk yang kena asam urat apa bisa dengan daun kelor, gimana caranya atau resepnya. jawaban bisa di emailya ke sunarko.bogor@gmail.com
terima kasih

Komentar Anda :

 
Back To Top