WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Merawat Bunga Mawar Teknik Stek di Dalam Pot


Bunga mawar adalah salah satu tanaman hias yang banyak dipilih oleh para wanita sebagai hiasan taman rumah karena keindahannya. Di samping itu terdapat beberapa jenis dan macam bunga mawar yang cocok dimanfaatkan sebagai tanaman hias taman atau pekarangan rumah anda. Manfaat bunga mawar yang umum adalah keindahan fisiknya  merupakan ciri khusus tumbuhan mawar yang enak dilihat dari bentuk, warna dan wangi bunga khasnya sangat menyegarkan suasana. 

Mawar ditanam di halaman rumah atau pada pot-pot cantik. Cara menanamnya harus hati-hati, anda harus mengetahui teknik dan cara yang tepat dalam menanam bunga mawar. Jika sembarangan maka akan berakibat mawar tersebut layu kemudian mati. 

Tips Merawat Bunga Mawar Teknik Stek di Dalam Pot

Disamping cara menanam yang benar, anda harus tahu beberapa tips tentang cara merawat bunga mawar khususnya teknik stek di pot sehingga bisa menghasilkan bunga-bunga cantik, perhatikan ulasan di bawah ini : 
  • Sediakanlah bibit bunga mawar pilihan, siapkan beberapa pot untuk menanam. Pot yang bagus digunakan terbuat dari tanah liat, plastik, semen atau pun keramik. Sesuaikan ukuran pot yang diperlukan. Setelah itu menyiapkan tanah. Tanah yang cocok untuk menanam adalah yang berwarna gelap (cenderung hitam) dan gembur serta lebih bagus jika diberi tambahan berupa bekas pembakaran sampah. Siapkan juga pupuk kompos dalam jumlah tepat. Penggunaan pupuk dan tanah haruslah seimbang dan disesuaikan dengan jenis bunga mawar yang akan anda tanam.
  • Stek mawar dilakukan pada tangkai mawar yang sudah dewasa atau tua dengan cara memotongnya sepanjang 4 - 6 cm memakai alat potong yang tajam dan bersih. Perhatikan media tanam yang dipakai untuk penanaman bunga mawar adalah tanah murni tanpa pupuk karena tanah murni kaya akan kandungan pupuk alami yang membuat pertumbuhan batang mawar yang distek normal.
  • Pakailah polybag berukuran seperempat kilo berisi tanah untuk proses penanamannya. Tancapkan potongan tangkai mawar pada bagian tengahnya hingga kedalaman setengah media tanam. Lalu siram dengan air dan jangan melubangi plastik polybagnya dengan lidi secara sembarangan. Kemudian letakkan media tanam tersebut di tempat-tempat teduh, jangan dulu diberi pupuk hingga akarnya keluar dan siap untuk dipindahkan ke dalam pot.
  • Jika dalam beberapa hari muncul daun daun kecil sebanyak tiga lembar berarti tanaman mawar ini hidup dan sudah siap dipindahkan ke media tanam baru. Pakailah campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1 : 2. Pindahkan dengan cara merobek polybag hati-hati tanpa merusak akar-akarnya. Masukkan ke media tanam yang baru karena mawar yang baru tumbuh rentan terkena penyakit, sehingga perlu diperhatikan tanda-tanda sekarat berupa daun berisi bercak hitam yang bisa menyebabkan kerontokan daun mawar.
  • Jenis mawar memang akan mempengaruhi mudah tidaknya tanaman mawar itu dapat beradaptasi. Untuk mawar merah, jenis mawar ini banyak dipilih karena warnanya yang indah dan bahkan beberapa pendapat mengatakan mawar ini sebagai simbol kasih sayang. Bunga mawar merah ini juga mudah beradaptasi atau mudah dibudidayakan. Tentu saja bunga mawar ini akan membuat rumah anda terlihat lebih natural dan indah saat mawar yang anda tanam dapat tumbuh subur dan berbunga. Cara menanam bunga mawar yang selanjutnya yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan.
  • Campurkan tanah, pupuk kompos dan sedikit pasir. Lalu dimasukkan ke dalam pot yang sudah disediakan, aduk rata. Masukkan batang bibit stek mawar yang telah disiapkan. Tancapkan batang tersebut pada tanah dengan posisi tegak lurus. Setelah ditancapkan, siramlah dengan air secukupnya. Siram sedikit demi sedikit. Setelah itu simpan tanaman anda pada tempat yang sejuk. Lebih bagus jika tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Hindari menyimpan tanaman pada tempat yang gelap. Hal ini bertujuan supaya tunas-tunas baru dari mata tunas tanaman mawar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan mudah terangsang sehingga akan muncul akar-akarnya mengikuti rangsangan yang diberikan. Periksalah beberapa hari hingga tanaman mawar menunjukkan tunas-tunas baru tumbuh, jika sudah tumbuh dan kuat, maka pindahkanlah tanaman mawar anda ke tempat yang terang karena saat ini tanaman mawar sangat memerlukan sinar matahari dalam jumlah cukup sebagai proses awal fotosintesis. Selanjutnya, siram tanaman mawar anda secara teratur. 
Sekian informasi tentang cara menanam bunga mawar yang tepat, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

4 komentar

Apa kabarnya Kang Ucup semoga sehat dan baik2 saja sekeluarga. Wah menarik tips merawat Bunga Mawarnya. Kang Ucup memang Kreatif. salam sukses ya Kang ?

Nah baru berkunjung lagi kemari langsung dapat pertamax..

Kabar baik mas Saud, alhamdulillah kami semua sehat. Semoga demikian juga dengan mas Saud sekeluarga :)

thank langsung di praktekkan kang,tapi lansung di tanaha aja kang ndak usah pakai polybag

Komentar Anda :

 
Back To Top