WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Memilih Tanaman Hias Indonesia Tahan Panas


Tanaman hias adalah semua jenis tumbuhan yang berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, dimana anda sengaja menanamnya sebagai komponen taman (kota, kantor atau sekolah), kebun atau halaman rumah, penghias ruangan, upacara, atau sebagai komponen karangan bunga. Beragam bunga potong juga bisa dimasukkan sebagai tanaman hias.

Pada umumnya, tanaman hias merupakan pengelompokan tanaman berdasarkan fungsi hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan adalah bunga dan daun serta bentuk keseluruhan dari tanaman ini yang bisa memberi kesan keindahan. Sebagai contoh, beberapa ranting pohon segar yang mengeluarkan aroma tertentu dapat diletakkan di dalam ruangan untuk mengharumkan ruangan dan bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias Indonesia yang tahan panas dan cukup terkenal hingga ke mancanegara adalah tanaman hias anggrek, tanaman hias puring dan jenis lainnya. Indonesia yang memiliki dua musim ini sangat tepat dimanfaatkan untuk menanam apapun juga akan tumbuh subur karena pengaruh tekstur tanah yang sangat besar.

Tips Memilih Tanaman Hias Indonesia Tahan Panas

Tanaman hias berfungsi untuk mempercantik penampilan rumah dan membuat rumah anda menjadi hijau dan asri untuk beristirahat. Namun harus dengan penataan dan pemilihan jenis tanaman yang tepat, apalagi tidak semua jenis tanaman hias tahan terhadap panas dari terik sinar matahari. Supaya anda bisa memilih salah satu tanaman hias Indonesia tahan panas, perhatikan jenis tanaman yang akan anda beli dan tanyakan cara perawatannya. Di bawah ini akan diberikan kriteria yang dapat dijadikan sebagai trik memelihara dan merawat tanaman hias tahan panas :
  1. Perhatikan ketebalan daun dari tanaman hias tersebut. Semakin tebal daunnya, maka kemampuan tanaman ini untuk menahan panas matahari adalah sangat baik seperti adenium atau eforbia.
  2. Rabalah dan rasakan permukaan daun. Jika terdapat semacam lapisan yang membuat permukaan daun terlihat mengkilap dan terasa licin, berarti tanaman hias ini tahan terhadap panas.
  3. Bulu dan duri. Terdapat bulu-bulu halus ataupun duri pada batang dan tangkai bunga. Kegunaannya adalah untuk mengurangi penguapan berlebihan yang terjadi di dalam tanaman tersebut.
  4. Ukuran bunga. Apabila ukuran bunga tanaman hias ini relatif kecil dan mempunyai mahkota bunga yang tebal, maka tanaman hias ini bisa dikelompokkan sebagai tanaman hias tahan panas.
Anda juga perlu memperhatikan penanganan pertumbuhan tanaman hias tersebut di atas. Lebih baik bila tanaman ini diletakkan dalam pot ukuran besar daripada ditanam pada tanah di pekarangan rumah anda. Karena dengan pot, pertumbuhan tanaman bisa dipantau dan dikendalikan agar tanaman hias ini bisa tumbuh sempurna (tidak terlalu besar dan tidak kerdil).

Apabila tanaman hias anda tumbuh besar namun tak beraturan atau kerdil dan kusam, fungsi keindahan dan kenyamanan dari tanaman hias ini akan hilang. Di samping itu, penggunaan pot adalah bagus buat pemisahan tanaman hias, jika tanaman hias dirasa terlalu rimbun, maka anda harus memisahkan anak-anaknya yang tidak penting, sehingga tanaman terlihat rapi dan perawatannya pun akan lebih mudah.


 
Back To Top