WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Memilih Jenis Tanaman Hias Indoor


Koleksi tanaman hias indoor gampang-gampang susah dalam memilih dan merawatnya, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Karena jika anda tepat mendapatkan satu atau beberapa jenis, akan menciptakan kepuasan tersendiri ketika anda sedang menikmati atau melihat tanaman hias itu di dalam rumah seperti ruang makan, teras hingga kamar tidur. 

Dari sisi biaya perawatan, pada umumnya tanaman hias indoor bersifat lebih mahal jika dibandingkan dengan tanaman hias untuk taman atau di luar ruangan. Namun saat ini, tanaman hias indoor mempunyai kesempatan usaha yang sangat cerah dan memperlihatkan tren meningkat yakni berbisnis rental dan jual beli tanaman hias untuk perkantoran, rumah sakit, ataupun dekorasi pesta dan acara seminar serta pernikahan. 

Tips Memilih Jenis Tanaman Hias Indoor

Terdapat beberapa persyaratan khusus untuk mempermudah anda dalam menentukan tanaman hias apa saja yang dapat digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan. Persyaratan tersebut harus diperhatikan seperti tersebut di bawah ini : 

1). Berdasarkan atas jenis dan fungsi tanaman hias sebagai tanaman hias indoor. Tanaman hias ada yang berbunga dan tidak berbunga atau biasa disebut dengan tanaman hias daun. Tanaman hias berbunga dipelihara karena keindahan bunganya seperti anggrek, adenium, dan mawar. Sedangkan tanaman hias daun dinikmati karena memiliki corak dan bentuk daun sangat indah misalnya anthurium, aglaonema, atau sanseviera. Jenis tanaman hias yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor lebih banyak dari jenis tanaman hias daun. Namun ada juga tanaman hias bunga yang dipilih sebagai tanaman hias indoor meskipun jumlahnya terbatas. 

Fungsi tanaman hias sebagai tanaman hias indoor adalah beragam. Tanaman hias biasanya diletakkan di dalam ruangan untuk keperluan apa saja. Ada sebagai pembatas pandangan, untuk memperindah sudut ruangan, atau sebagai pemanis ruangan, dimana tanaman hias yang dipilih haruslah memenuhi kriteria seperti berdaun unik, tebal seperti lilin, dan berwarna indah. Sedangkan sebagai pembatas ruangan, tanaman hias yang dipakai haruslah berukuran cukup besar dan memiliki daun lebat. Beberapa tanaman hias sebagai tanaman hias indoor adalah : dari jenis tanaman hias berbunga pilih bunga anthurium, bunga begonia, spathiphylum, atau anggrek. Dari jenis tanaman hias daun, manfaatkan  andiantum, aglaonema, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, dracaena dll.

2). Didasarkan daya tahan tanaman. Tanaman hias rata-rata mempunyai daya tahan yang berbeda-beda terhadap lingkungan di sekitarnya. Seperti intensitas cahaya, kelembaban, sirkulasi udara dan temperatur. Tanaman hias yang tahan akan intensitas cahaya matahari yang rendah bisa digunakan sebagai tanaman hias indoor. Ia juga harus tahan terhadap udara kering dengan sedikit sirkulasi dan temperatur sedang serta perbedaan temperatur siang dan malam yang ekstrim. Tapi biasanya tanaman ini tidak tahan selamanya dalam ruangan tertutup karena masih memerlukan rotasi tanaman yaitu minimal 2 minggu sekali. Sesekali tanaman hias harus dikeluarkan dari dalam ruangan, letakkan di tempat yang cukup mendapat sinar matahari pada waktu pagi hari. Tujuannya adalah untuk memberikan kesegaran sehingga bagian tanaman tetap tumbuh dengan baik karena fotosintesis tanaman harus membutuhkan sinar matahari.

3). Didasarkan pada sistem perawatan tanaman. Perbedaan ketahanan tanaman hias terhadap lingkungannya menyebabkan tanaman hias rata-rata memiliki sistem perawatan yang berbeda. Mereka memerlukan intensitas matahari dalam jumlah cukup tinggi dan mempunyai sistem perawatan yang mudah diterapkan. Ada juga beberapa jenis tanaman hias yang memerlukan perawatan intensif. Dianjurkan untuk pemula koleksi tanaman hias dalam memilih tanaman hias indoor agar mencari tanaman hias yang perawatannya tidak rumit. Dalam arti aktivitas perawatan tanaman hias itu mudah dilakukan serta pengerjaan yang cepat dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang termasuk ke dalam tanaman hias indoor mudah perawatan adalah : sanseviera, dracaena, atau philodendron. Untuk tanaman hias yang membutuhkan perawatan intensif : aglaonema, anthurium, calladium, dan anggrek.

Selamat memilih !


1 komentar:

tanaman hias sebagai penghias dan pengindah indor emang penting dipilih yang indah dan terstruktur ya kang

Komentar Anda :

 
Back To Top