WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tips Membasmi Kumbang jepang


Kumbang Jepang merupakan salah satu hama rumput yang jumlahnya sangat besar dan tersebar luas di beberapa perkebunan besar di Amerika Serikat. Kumbang Jepang juga banyak ditemukan di daerah Amerika Timur dan Amerika Tengah menuju ke Barat. Kumbang Jepang sangat merugikan petani buah dan sayuran juga kolektor tanaman hias mahal, karena Kumbang Jepang dewasa bisa memakan semua daun dan bunga dari tanaman hingga tak tersisa. Larva kumbang yang disebut dengan nama ulat putih, hidup subur sebagai parasit pada akar tanaman dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian pada tanaman hias rumput atau taman bunga anda pada bidang tanah yang kecil.

Kumbang Jepang dewasa berwarna hijau metalik, dan mulai menyerang tanaman ketika kumbang telah mengalami masa untuk keluar dari lubang-lubang kecil di dalam tanah yaitu sekitar akhir musim semi atau awal musim panas, dimana kumbang ini dengan rakus akan memakan semua koleksi tanaman hias anda atau area perkebunan sayur dan buah-buahan yang anda tanam. Tapi anda jangan khawatir karena Kumbang Jepang bisa dicegah seperti melihat beberapa tips membasmi Kumbang Jepang tersebut di bawah ini :

Tips Membasmi Kumbang jepang

1). Membasmi Kumbang Jepang dengan cara Biologis.
Caranya adalah dengan memakai Nematoda untuk membunuh larva kumbang. Nematoda merupakan sejenis cacing bulat yang suka memakan serangga parasit pemakan ulat di bawah tanah, adalah cara pengendalian hama yang sering dilakukan oleh para petani secara organik. Jenis Nematoda yang paling sering digunakan  adalah Steinernema Feltiae dan Heterorhabditis  Bacteriophora. Caranya : letakkan Nematoda di tanah sekitar akhir bulan Agustus atau awal bulan September untuk mencegah jumlah ulat jahat berkembang semakin banyak pada di bulan-bulan selanjutnya. Anda juga bisa menerapkan Nematoda sesegera mungkin setelah diketahui bahwa aktivitas hama Kumbang Jepang di pekarangan anda meningkat. 

Pastikan bahwa Nematoda yang dipakai dalam kondisi segar karena Nematoda akan bermanfaat secara optimal ketika masih hidup. Jangan lupa menyiram tanah sebelum anda menyebarkannya. Jaga kelembaban tanah setelah anda selesai melepaskan Nematoda. Anda juga dapat mengaplikasikan Nematoda pada jerami basah. Untuk melepaskan 50 atau 100 juta Nematoda, pakailah campuran Nematoda sebanyak setengah sendok teh untuk takaran 3,8 liter air.

Nematoda berguna untuk menyerang hama yang tinggal di dalam tanah, khususnya Kumbang Jepang, kutu, kecoak Jerman, rayap, dan semut. Nematoda tidak membahayakan kehidupan manusia, hewan, tanaman, atau cacing tanah. Anda bisa memperoleh Nematoda dengan mudah di kebun-kebun, atau membelinya dari beberapa pengecer perlengkapan rumah tangga. Cara tersebut di atas efektif dalam membasmi hama Kumbang Jepang pada tingkat larva.

2). Basmi ulat secara kimiawi dengan insektisida.
Semprotlah tanaman hias anda yang terserang ulat atau Kumbang Jepang dengan insektisida. Dapat dibeli dari pengecer maupun secara online atau pakai bubuk sevin, namun cara ini memiliki kelemahan yaitu menyebabkan serangga yang bermanfaat bagi tanaman juga mati bersama dengan Kumbang Jepang.

Beberapa bahan yang harus diperhatikan saat anda akan membeli insektisida adalah zat Carbaryl, Asefat, dan Permethrin. Dengan memakai insektisida yang mengandung Pyrethrin adalah salah satu cara yang aman dalam mengendalikan hama pada tanaman hias sekaligus membasmi kumbang-kumbang jahat lainnya.

Beberapa jenis insektisida di desain khusus untuk menangani aktivitas Kumbang Jepang yang aktif di kebun atau taman bunga anda. Sedangkan insektisida lainnya didesain untuk dimanfaatkan pada awal musim gugur saat telur kumbang baru menetas dan menjadi ulat, mereka akan muncul dimana-mana dalam jumlah besar. Baca dengan teliti label insektisida sebelum membelinya untuk mengetahui kegunaan yang bisa ditangani oleh insektisida tersebut.

3). Gunakan insektisida organik berbahan dasar Neem.
Minyak Neem adalah pestisida alami dari biji pohon neem, dan memiliki kegunaan sebagai pencegah hama karena minyak Neem ampuh buat mengurangi Kumbang Jepang yang bersarang pada tanaman. Semprot tanaman dengan minyak Neem untuk membunuh mereka.

Azadirachtin merupakan salah satu komponen dalam minyak Neem yang ampuh buat mengusir dan mengurangi beberapa jenis makanan Nematoda. Berhati-hatilah dalam mengaplikasikannya jika terdapat Nematoda di bawah tanah yang membasmi ulat. Anda dapat membeli insektisida minyak Neem secara online pada beberapa pengecer yang menyediakan keperluan untuk perkebunan.

4). Semprot Kumbang Jepang dengan memakai sabun insektisida.
Larutan berbahan sabun deterjen ini adalah pestisida kontak langsung tanpa efek residu. Jenis insektisida ini sama dengan deterjen rumah tangga biasa tapi tidak membahayakan tanaman lain yang sifatnya sensitif seperti pemakaian sabun rumah tangga biasa.

Bahan sejenis yang terkandung dalam cairan semprot adalah potasium bikarbonat, dicampur khusus untuk membasmi serangga lain yang juga membahayakan tanaman hias tertentu. Periksa label pada botol atau ujilah sabun pada tanaman sebelum anda mengaplikasikannya untuk daerah perkebunan yang luas atau akan menggunakannya secara berulang-ulang. Cairan ini anda semprotkan pada tanaman yang rusak karena kumbang selama berturut-turut 4 – 7 hari.

5). Membasmi Kumbang Jepang dengan cara lain.
Anda bisa mengumpulkan Kumbang Jepang dewasa pada tanaman hias di taman dengan cara mudah yaitu menggunakan tangan. Setelah anda memisahkan hama ini dari tanaman, letakkan ke dalam ember yang diisi air sabun.  Hindari membunuh Kumbang dengan memencetnya karena justru akan mengundang kumbang lebih banyak datang melalui feromon, yaitu zat yang sangat kuat dan tercium hingga jarak ribuan kaki dan bisa mengundang kumbang lain untuk berkunjung apalagi jenis kumbang yang anda pencet adalah betina, anda akan menghadapi risiko terlepasnya feromon seksual kumbang betina. Lakukan cara ini pada saat hari masih pagi. Bentangkan kain dan goyang tanaman, lalu segera celupkan kain dengan kumbang di dalamnya ke dalam air sabun.

Tindakan pencegahan :
Tutup tanaman yang berusia muda dengan jaring pelindung yang mengambang. Jaring ini bisa memberi akses terhadap masuknya sinar matahari, udara, dan air untuk kesuburan tanaman, sekaligus dapat mencegah kumbang tidak menyerang tanaman. Hilangkan jarak diantara tepi jaring dan tanah sehingga kumbang sulit masuk. Jika ada masalah terhadap hama ulat, jangan memakai cara ini karena justru akan membiarkan kumbang terperangkap di dalam jaring dan akhirnya bisa masuk ke dalam.

Jaring pelindung bisa dibeli secara online atau pada toko-toko penyedia keperluan perkebunan. Jaga kesehatan tanaman dengan cara melakukan pemanenan secara rutin dan tepat musim atau tepat waktu. Kumbang Jepang tertarik terhadap tanaman yang sudah tua dan pohon yang telah membusuk. 

Jangan menggunakan perangkap Kumbang Jepang. Jebakan kumbang yang bagus adalah berupa feromon dan diberi wewangian untuk mengundang kumbang keluar dari persembunyiannya. Banyak riset telah menemukan bahwa jebakan Kumbang Jepang sebenarnya hanya berfungsi untuk mengundang kumbang datang lebih banyak ke kebun daripada mencegahnya. Pilih cara ini jika anda memiliki halaman yang luas dimana anda bisa menyiapkan jebakan pada jarak yang cukup signifikan dari kebun.

Beberapa contoh tanaman yang tahan terhadap serangan hama Kumbang Jepang adalah Maple Merah,  Dogwood, Lilac, Holly, Pinus, Hickory dan Jintan Saru. Sedangkan contoh tanaman yang rentan terhadap hama Kumbang Jepang adalah Apel, Kers, Pink Oak, Birch, Willow dan pohon Kacang Kenari Hitam. Cara alternatif untuk mengendalikan serangan hama kumbang adalah dengan membuat sebuah sistem yang mencakup pencegahan terhadap hama ulat, persiapkan perangkat tersebut untuk kumbang dewasa dan tanamlah  spesies yang kuat terhadap hama kumbang.

Jika ingin melanjutkan hobi berkebun, pilih tanaman yang tidak disukai oleh Kumbang Jepang. Biasanya Kumbang Jepang tertarik terhadap spesies tanaman tertentu saja, jadi hindari memilih tanaman yang bisa mengundang Kumbang Jepang berdatangan. Anda dapat mencari tahu tentang tanaman apa saja yang dapat mengundang Kumbang Jepang muncul, misalnya  dari Farmer's Almanac dan  departemen pertanian. 



2 komentar

tips yang sangat bermanfaat nih :)
kumbang jepang itu yang bau nya menyengat bukan sih mas :) kalo di bahasa sunda mah kungkang :D

bukan mbak, kalau yang bau itu jenis lain lagi

Komentar Anda :

 
Back To Top